-->

Mio J Tanpa Aki Bisa Nyala ??? Ternyata Ini Jawabannya !!!

 

Mio J Tanpa Aki Bisa Nyala ??? Ternyata Ini Jawabannya !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai Mio J.

 

Mio J merupakan generasi Mio injeksi pertama dari Yamaha. Mio J sendiri memang didaulat untuk menggantikan generasi Mio karbu.

 

Bicara soal aki, komponen yang satu ini disebut juga sebagai sebagi accu atau accumulator yang fungsinya adalah untuk menyimpan daya dari sistem pengisian (spull dan kiprok/ jika pengisiannya DC).

 

Selain itu, aki juga berfungsi sebagai penyalur daya listrik pada beberapa komponen yang membutuhkan seperti lampu-lampu, klakson, stater elektrik, atau komponen lain yang butuh listrik dengan arus DC.

 

Pertanyaan kini muncul, apakah Mio J tanpa aki masih bisa nyala? Pasalnya banyak pengguna Mio J yang mengeluh akinya drop dan mulai mencopot akinya lalu Mio J mereka menjadi tidak nyala.

 

Ayo kita bahas bersama.

 

Apakah Mio J Tanpa Aki Bisa Nyala?

Karena Mio J termasuk motor metik berjenis injeksi dari Yamaha, maka Mio J menerapkan sistem pengisian 1 phase, dimana pengisian ini mengusung sistem AC/ DC open charging yang dapat menghentikan proses pengisian daya listrik saat kondisi sudah terisi penuh.

 

Kelebihan dari sistem pengisian ini adalah kinerja aki jadi ringan dan berkemungkinan memperpanjang umur aki, tetapi kelemahannya adalah membuat sistem pengapian bergantung pada aki (sistem pengapian jadi DC).

 

Oleh karenanya jika aki sampai dicopot atau benar-benar rusak dan tidak ada tegangan, maka akan membuat motor jadi tidak dapat menyala atau mungkin dapat menyala namun jadi tersendat karena sistem pengapian tidak optimal.

 

Well, selain dengan mencopot aki, sebenarnya aki yang tekor di bawah 5 volt juga akan membuat Mio J jadi mogok atau tidak dapat menyala.

 

Oleh karenanya bagi pengguna Mio J, maka kita harus perhatikan baik-baik kondisi dari aki milik Yamaha Mio J.

 

Tips Memperpanjang Umur Aki

Sebenarnya aki milik Mio J terbilang akan jauh lebih awet terlebih jika kita simak dari sistem pengisiannya.

 

Tetapi secara umum ada cara lain agar aki jadi lebih awet atau berumur panjang. Tips dalam memperpanjang umur aki sendiri adalah sebagai berikut:

1. Jangan gunakan komponen listrik yang tidak tepat. Misal kita gunakan lampu-lampu tambahan yang tidak sesuai spek.

2. Jika aki berjenis basah, maka bersihkan kutub dari jamur. Selain itu, isi juga sel aki dengan air aki dan jangan sampai kurang atau kosong dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan sel aki berjamur.

3. Usahakan tegangan jangan sampai kurang dari 10 volt. Jika sudah mendekati 10 volt, maka segera lakukan recharging atau isi ulang di bengkel aki atau menggunakan alat isi ulang aki. hal tersebut bertujuan agar aki tidak mudah rusak karena terlalu lama berada di bawah voltase standar.

4. Jangan melakukan isi daya aki secara berlebihan yang tidak sesuai spesifikasi karena dapat menyebabkan aki rusak dan bergelembung.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah Mio J tanpa aki tidak bisa nyala dikarenakan sistem pengapiannya membutuhkan daya listrik dari aki (DC).

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x