-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


Mengapa Tarif Tol Ditentukan Berdasarkan Golongan Kendaraan ???

 

Mengapa Tarif Tol Ditentukan Berdasarkan Golongan Kendaraan   ???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alasan tarif tol ditentukan berdasarkan golongan kendaraan.

 

Jalan tol merupakan salah satu jaringan jalan nasional yang membebankan tarif pada penggunannya.

 

Di Indonesia, jalan tol ini sering disebut juga sebagai jalan bebas hambatan. Tidak salah memang, sebab di jalan tol memang lebih minim hambatan bila dibandingkan dengan jalan raya secara umum.

 

Tetapi di dunia, tidak semua jalan bebas hambatan adalah jalan tol, sebab ada pula jalan yang bebas hambatan tetapi tidak membebankan tarif.

 

Bicara soal tarif jalan tol, pada artikel ini kita akan bahas lebih jauh mengenai biaya atau tarif dari jalan tol.

 

Penetapan Tarif Di Jalan Tol

Penetapan tarif di jalan tol sendiri didasarkan pada golongan kendaraan atau jenis kendaraan. Setidaknya ada 6 golongan kendaraan dengan 5 golongan kendaraan yang umumnya biasa masuk ke jalan tol.

 

5 jenis golongan kendaraan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Golongan I

Golongan I adalah jenis kendaraan yang memiliki tarif paling rendah. Beberapa jenis kendaraan yang terkategori ada di golongan I diantaranya adalah sedan, jip, pick up, truk kecil, dan juga bus.

  • Golongan II

Golongan II memiliki tarif lebih mahal dari kendaraan dari golongan I. adapun kendaraan golongan II adalah truk dengan dua gandar atau dua sumbu roda.

  • Golongan III

Golongan ketiga adalah truk yang lebih besar yakni truk dengan 3 sumbu roda atau 3 sumbu gandar.

  • Golongan IV

Golongan IV adalah kendaraan truk dengan sumbu roda atau gandaer berjumlah 4.

  • Golongan V

Kendaraan yang masuk pada golongan V adalah truk dengan 5 sumbu roda atau 5 gandar.

 

Alasan Tarif Tol Ditentukan Berdasarkan Golongan Kendaraan

Sebenarnya materi ini cukup berat bagi kami, sebab kajiannya ternyata cukup rumit dan menggunakan istilah-istilah khusus yang hanya dipahami oleh pemangku kepentingan yang bersangkutan.

 

Tetapi secara garis besar, alasan tarif tol ditentukan berdasarkan golongan kendaraan adalah karena tiap golongan kendaraan merasakan manfaat yang berbeda akan jalan tol.

 

Maksudnya adalah manfaat penggunaan jalan tol bagi mobil sedan dan truk dengan 5 sumbu roda tidak sama.

 

Ketidak samaan manfaat ini disebut BKBOK atau Besar Keuntungan Biaya Operasi Kendaraan. BKOK sendiri adalah selisih biaya operasi kendaraan dan nilai waktu pada jalan tol dan lintas alternatifnya (maksimumnya adalah 70%).

 

Apa artinya? Artinya adalah tiap kendaraan memang memiliki manfaat yang sama yakni waktu tempuh yang lebih singkat, tetapi antara truk besar dan mobil kecil manfaatnya sedikit berbeda.

 

Jika misal mobil kecil mendapatkan manfaat sebesar 30% (efisiensi waktu tempuh dan bahan bakar), maka truk besar bisa jadi dapat manfaat di angka 50% (efisiensi waktu tempuh dan bahan bakar).

 

Mengapa bisa berbeda? Ada banyak faktor, salah satunya adalah kecepatan kendaraan dan fleksibelitas kendaraan pada jalur jalan.

 

Pada intinya kendaraan besar akan sangat kerepotan jika harus melalui jalan umum yang banyak belokan tajam, lampu merah, atau lajur yang sempit.

 

Sedangkan bagi mobil sedan tidak akan “seberat” atau sekesulitan kendaraan besar dalam melalui jalanan non tol.

 

Selain itu, pada beberapa kasus, penggolongan ini juga berlaku untuk bobot kendaraan. Pasalnya, semakin besar kendaraan, maka semakin besar bobotnya dan berkemungkinan memperpendek umur dari aspal atau beton di jalan tol.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel