-->

JNE JTR Cashless Shopee Apakah Aman ???

 

JNE JTR Cashless Shopee Apakah Aman ???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai JNE JTR Cashless.

 

Salah satu jasa ekspedisi pengiriman yang terdengar baru namun sebenarnya sudah lama beroperasi adalah JNE JTR Cashless.

 

JNE JTR Cashless sendiri tersedia pada beberapa marketplace online dan salah satunya ada pada Shopee.

 

Nah untuk kalian yang hendak menggunakan jasa ekspedisi JNE JTR di Shopee dan bingung mengenai apakah aman atau tidak, mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

Pengertian JNE JTR Cashless

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, JTR sebenarnya singkatan dari JNE Trucking atau dalam kata lain merupakan pengiriman paket dari JNE yang berfokus dikirimkan menggunakan kendaraan truck.

 

Adapun bila dikutip dari jne.co.id, JTR adalah layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif.

 

Soal cashless bagaimana? Cashless maksudnya adalah pembayaran tanpa uang tunai (non tunai), jadi dalam kasus ini di Shopee, artinya pembayaran kurir dari JTR dapat dibayarkan menggunakan sistem dari Shopee atau tanpa uang tunai langsung dari si pengirim.

 

Hal tersebut tentunya sangat modern dan membantu, sebab dulu jika kita hendak mengirim barang di marketplace online, kita sebagai penjual harus “menalangi” dulu ongkos kirim dari si pembeli.

 

Beberapa Ketentuan Pengiriman JTR

Ada beberapa ketentuan atau kebijakan pada layanan JNE Trucking atau JTR, adapaun beberapa ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg.
  • Berlaku juga untuk pengiriman motor.
  • Berlaku untuk pengiriman nasional.
  • Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

 

Well, pada point terakhir disebutkan bahwa tidak berlaku garansi uang kembali. Jadi jika ada keterlambatan pengiriman, maka tidak ada pengembalian ongkos kirim.

 

Apakah JNE JTR Cashless Shopee Aman ???

Sebenarnya akan sukar menjawab pertanyaan mengenai “aman” pada point ini. Tapi mari kita membahas pada dua point yakni mengenai pembayaran serta keamanan barang yang dikirimkan.

 

Soal pembayaran, karena status pembayaran ditangani oleh pihak ketiga yakni Shopee, maka dapat dikatakan JNE JTR cashless ini terbilang aman.

 

Di sisi lain soal pengiriman barang, sebenarnya tidak 100% aman, terlebih bila patokannya adalah kondisi keselamatan barang.

 

Biasanya pengiriman JNE Trucking merupakan barang-barang yang besar dan berat, oleh karena di sini kita perlu kesadaran lebih untuk memproteksi barang yang hendak dikirim.

 

Proteksi tersebut dapat berupa asuransi hingga packing yang dbuat lebih aman misal menggunakan packing kayu atau busa tambahan.

 

Jadi secara garis besar keselamatan barang pada pengiriman truck memang terbilang aman, namun tidak terjamin 100% aman dari kerusakan karena pengiriman.

 

Selain itu, meski menggunakan JTR terbilang lebih murah dari pengiriman reguler, namun perlu dipahami bahwa pengiriman menggunakan truck berpotensi memakan waktu lebih lama.

 

Pasalnya mobilitas dan jangkauan truck terbilang tidak sebagus kendaraan kecil seperti mobil pick up maupun sepeda motor.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah JNE JTR Cashless Shopee terbilang aman baik dari segi pembayaran maupun pengiriman. Hanya saja kita perlu berjaga-jaga untuk memproteksi barang yang dikirimkan, baik melalui asuransi maupun menggunakan packing yang lebih safety.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x