-->

Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. - Wiji Thukul




★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ini Yang Membuat Kurir Shopee Express Keberatan Jika Upah Diturunkan ???

Ini Yang Membuat Kurir Shopee Express Keberatan Jika Upah Diturunkan ???
Logo Shopee


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Pihak Shopee Indonesia sebelumnya sudah mengungkapkan bahwa insentif atau upah rata-rata untuk kurir Shopee Express (SPX) adalah sebesar Rp. 2.213 per satu paket untuk wilayah Jabodetabek.

 

Hitungan upah paket rata-rata tersebut berlaku untuk kurir yang membawa 80 paket sehari.

 

Pihak Shopee Indonesia yang diwakilkan oleh Executive Director yakni Handhika Jahja menekankan bahwa perhitungan upah kurir tersebut sangat kompetitif pada industri jasa logistik.

 

Sebagai ilustrasi, Pihak Shopee Indonesia menggambarkan bahwa rata-rata upah per paket yang ada di pasaran berkisar antara 1,7 ribu hingga 2 ribu rupiah.

 

Handhika Jahja memastikan skema upah Shopee Express selalu mengikuti peraturan yang berlaku di daerah terkait.

 

Selain itu, Shopee Indonesia selaku marketplace atau e-commerce juga selalu mengikuti tingkat harga di pasar guna mengupayakan titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan mitra Shopee Express.

 

Shopee Indonesia juga menyediakan perlindungan asuransi untuk para mitra pengemudi Shopee Express.

 

Juga, para mitra kurir Shopee Express memiliki kebebasan untuk memilih hari operasional kerja mereka.

 

Dari manajemen Shopee Indonesia juga selalu mendengarkan masukan dan aspirasi dari para mitra pengemudi Shopee Express dan terus berupaya untuk menjaga kenyamanan dari semua pihak.

 

Sebelumnya, Shopee Indonesia diterpa kabar tidak sedap mengenai aksi mogok kurir Shopee Express karena dugaan upah yang murah yakni hanya Rp. 1500 per paket.

 

Informasi tersebut dibagikan oleh akun Twitter @arifnovianto_id pada Minggu 11 April 2021.

 

Akun Twitter tersebut menuturkan bahwa karena imbas kebijakan upah rendah tersebut, para kurir Shopee Express di Jabodetabek melakukan aksi mogok kerja sejak lima hari yang lalu.

 

Akun Twitter @arifnovianto_id juga menyatakan bahwa pihak Shopee Express protes karena upahnya diturunkan dari Rp. 5000 per paket, Rp. 3.500 per paket, Rp. 2.500 per paket, dan pada awal April menjadi Rp. 1.500 perpaket. Mereka (para kurir) juga tidak dapat upah minimum dan jaminan sosial.

 

Akun Twitter @arifnovianto_id menuturkan bahwa apabila upah kurir kembali diturunkan di angka Rp. 1.500 per paket, maka kerja para kurir Shopee Express semakin berat.

 

Sebab, rata-rata satu paket yang diantar ke konsumen membutuhkan waktu sepuluh menit. Belum lagi,  mereka harus menyediakan bensin atau bahan bakar kendaraan secara mandiri.

 

Sepuluh menit per paket itu jikalau letak penerima paket jaraknya berdekatan. Jika agak jauh bisa sampai menghabiskan waktu 30 menit/paket. Belum lagi harus menghubungi penerima yang kadang tidak di rumah atau alamatnya salah. Bisa dibayangkan begitu menguras energinya pekerjaan ini - Twitter @arifnovianto_id

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel