-->

Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. - Wiji Thukul




★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Menghidupkan Motor Vixion Injeksi Tanpa Aki, Begini Caranya !!!

Cara Menghidupkan Motor Vixion Injeksi Tanpa Aki, Begini Caranya !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghidupkan motor Vixion injeksi tanpa aki.

 

Vixion adalah salah satu motor naked dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang terbilang cukup legendaris.

 

Meski saat ini penjualannya tengah tergerus oleh motor metik, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa Yamaha Vixion merupakan salah satu motor tersukses yang pernah Yamaha jual di Indonesia.

 

Generasi Vixion sendiri pertama kali hadir sudah dalam keadaan menggunakan sistem pengabutan injeksi.

 

Hal tersebut tentunya jadi nilai tambah tersendiri, karena kala itu, pesaing dari Vixion masih belum mengaplikasikan sistem injeksi.

 

Bicara soal aki, komponen yang satu ini memiliki fungsi yakni untuk menampung daya listrik dari sistem pengisian aki (spull dan kiprok) serta menyalurkan daya listrik pada komponen yang membutuhkan seperti lampu, klakson, starter elektrik, dan lain sebagainya.

 

Aki sendiri cukup berfungsi sekali pada motor-motor terkini, pasalnya aki memang banyak dijadikan “pedoman” utama dalam menghidupkan motor (menggunakan starter elektrik).

 

Nah jika Yamaha Vixion kalian sudah dicopot akinya, lalu bagaimana cara menghidupkan mesinnya?

 

Perhatian: pasanglah aki walau pun sudah drop, sebab hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan terutama pada kiprok. Tetapi, lebih baik lagi jika akinya diganti dengan aki yang baru.

 

Langsung saja, berikut cara menghidupkan motor Vixion injeksi tanpa aki:

1. Gunakan Kick Starter

Cara ini dapat kita lakukan terlebih jika Yamaha Vixion kita memang dibekali dengan kick starter. Seperti yang kita ketahui, beberapa series Vixion memang sudah tidak dibekali dengan kick starter, sebut saja Vixion R series.

 

Sebenarnya kick starter ini memang sangat berfungsi sekali terlebih jika sistem kelistrikan bermasalah (aki tekor atau sekring putus).

 

Tetapi kini kick starter banyak ditinggalkan, terutama pada motor-motor sport keluaran terbaru.

 

Untuk menggunakan kick starter, kita harus memposiskan terlebih dahulu kunci kontak pada posisi hidup atau “on”.

 

Setelah itu, kita tinggal injek kick starter hingga mesin terengkol (injak kick starter hingga ke posisi paling bawah, mungkin akan sedikit keras pada beberapa motor).

 

Untuk mesin motor yang masih oke, maka melakukan kick starter ini akan sangat mudah, maksudnya adalah kita jadi tidak harus bersusah payah dalam memainkan gas motor serta kick starter.

 

Sebaliknya, jika dalam melakukan kick starter ternyata membuat motor susah hidup, maka kemungkinan ada kerusakan lain semisal injektor yang kotor atau busi yang harus diganti.

 

2. Dorong Motor

Selanjutnya kita harus dorong motor, atau kalau bisa kita lakukan hal ini di jalan yang menurun agar lebih mudah.

 

Pertama, cabut soket kabel switch kopling. Jika di tuas kopling ada kabel tambahan, maka itu adalah kabel switch kopling yang fungsinya adalah untuk tidak menghidupkan motor saat transmisi dalam keadaan masuk (tidak netral).

  

Susuri saja kabelnya dan cari sambungan atau soketnya, jika sudah ketemu, maka silahkan cabut dulu.

 

Nah back to the point, selanjutnya kita lajukan motor atau boleh lah kita masukan dulu transmisi ke gigi 3 atau 4 atau 5.

 

Selanjutnya kita lajukan motor, jangan lupa masukan kunci kontak dalam posisi hidup atau on.

 

Saat sebelum melaju, pastikan kita menengkep kopling (tekan tuas kopling) dan saat sudah melaju, selanjutnya kita lepas tuas kopling.

 

Cara ini akan efektif untuk Vixion injeksi yang tidak dibekali dengan kick starter (yang kick starternya dicopot).

  

Catatan: Cara ini hanya dapat dilakukan pada Vixion lama (bukan Vixion R).

 

3. Modifikasi Sistem Kelistrikan

Cara ini berlaku untuk Vixion terkini yang tidak dibekali dengan kick starter dari pabrikannya. Sebenarnya cara ini cukup rumit dan kami anjurkan untuk pakai aki saja.

 

Vixion injeksi terkini tidak dibekali dengan kondensor atau kapasitor, hal tersebut menyebabkan motor benar-benar tidak akan menyala ketika tidak diberi aki.

 

Oleh karenanya kita harus ubah rangkaian perkabelan dan menambahkan kapasitor atau kondensor.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel