-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Berapa Batas Tegangan Minimal Aki/Battery ??? Segini Sob, Awas Tekor !!!

 

Berapa Batas Tegangan Minimal Aki/Battery ??? Segini Sob, Awas Tekor !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai batas tegangan minimal dari aki atau battery pada kendaraan bermotor.

 

Aki disebut juga sebagai accu yakni accumulator yang berfungsi untuk mengalirkan daya listrik pada komponen-komponen yang membutuhkan seperti lampu, klakson, hingga elektrik starter.

 

Selain itu, pada motor dengan sistem pengisian DC, aki juga memiliki fungsi sebagai media penampungan atau penyimpanan daya listrik yang dihasilkan oleh spull atau alternator.

 

Tapi sebelum masuk pada aki, biasanya daya listrik akan diubah arusnya dulu di kiprok atau regulator.

 

Jadi dari spull arus listriknya masih 2 arah atau bolak-balik, sedangkan setelah dari kiprok, maka arus listrik akan jadi DC atau satu arah dan sesuai dengan arus listrik pada aki.

 

Selain itu, besaran daya listrik juga akan diatur pada kiprok, jadi jangan sampai daya kurang atau daya lebih masuk pada aki.

 

Bicara soal aki, berapa sih batas tegangan minimal aki/battery?

 

Batas Tegangan Minimal Aki/Battery

Pada kendaraan bermotor baik itu sepeda motor maupun mobil secara umum memiliki batas tegangan minimal aki/battery di angka 12 volt saat aki dalam keadaan tanpa beban atau mesin kendaraan tidak dalam kondisi hidup.

 

Adapun jika mesin kendaraan hidup, maka batas toleransi minimum dari tegangannya ada di angka 13,7 volt (normalnya 14 volt).

 

Nah batas tegangan di atas berlaku jika aki dalam keadaan normal. Namun jika aki dalam keadaan tekor atau kurang setrum, maka perhitungannya akan berbeda lagi.

 

Aki yang sudah tekor kebanyakan bisa direcharge atau diisi ulang daya, tetapi perlu diperhatikan jika tegangannya kurang dari 10 volt, maka biasanya aki tidak akan dapat kembali ke performa terbaiknya.

 

Pada saat tegangan aki ada di angka 10 volt, maka aki termasuk kekurangan tegangan tapi pada beberapa kondisi, 10 volt masih dapat menyalakan elektrik starter.

 

Dan pada motor, tegangan 10 volt masih dapat digunakan untuk menghidupkan motor walau harus menggunakan kick starter sebagai media start mesin.

 

Jika pengapian motor berjenis full DC, maka batas minimun tegangan aki harus ada di atas 5 volt. Sebab jika tegangan aki kurang dari 5 volt, maka sistem pengapian tidak akan bekerja dan motor tidak dapat menyala.

 

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah batas tegangan minimal aki/battery yang normal adalah sekitar 12 volt, sedangkan batas tegangan minimal aki untuk menghidupkan elektrik starter dan syarat isi ulang daya adalah harus di atas 10 volt.

 

Lalu batas menjalankan sistem pengapian pada motor, maka batas tegangan aki harus ada di atas 5 volt.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x