-->

Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. - Wiji Thukul




★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Aki Motor Baru Tapi Tidak Berfungsi, Ini 4 Penyebabnya !!!

 

Aki Motor Baru Tapi Tidak Berfungsi, Ini 4 Penyebabnya !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kami akan membahas mengenai aki motor baru tapi tidak berfungsi.

 

Aki pada motor disebut juga sebagai accumulator atau biasa disingkat sebagai accu. Komponen yang satu ini memiliki dua fungsi vital pada kendaraan bermotor.

 

Fungsi pertama adalah untuk menyalurkan daya listrik pada komponen yang membutuhkan seperti lampu, starter elektrik, klakson, dan lain sebagainya.

 

Fungsi lainnya adalah untuk menyimpan daya listrik berupa tegangan dan arus yang dihasilkan oleh spull.

 

Setelah listrik dihasilkan oleh putaran spull atau alternator, maka listrik akan naik ke regulator atau kiprok untuk dikonvert menjadi arus satu arah atau DC. Selain itu, besaran daya listrik pun akan diatur pada kiprok agar pas dan sesuai pada aki.

 

Aki sendiri sama seperti komponen lain yakni akan mengalami kerusakan berupa tidak dapat menyimpan daya listrik hingga tekor.

 

Penyebab dari kerusakan tersebut bervariatif, mulai dari perawatan yang tidak tepat, sistem pengisian tidak benar, hingga usia pakai yang sudah sangat lama (misal lebih dari 6 tahun).

 

Jika sudah rusak, maka ada baiknya aki segera diganti dengan unit baru yang spesifikasinya sama. Sebab biasanya baterai secara umum memang dapat diisi ulang, tetapi ketika sudah rusak bagian dalamnya, maka opsi terbaiknya adalah dengan ganti baru.

 

Adapun jika ternyata aki motor sudah baru namun tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan ada penyebab lain. Nah langsung saja, berikut penyebab aki baru tapi tidak berfungsi:

1. Fuse atau Sekring Putus

Fuse atau sekring fungsinya adalah untuk mengamankan arus listrik. Jika terjadi korslet, maka biasanya fuse atau sekring akan “mengorbankan diri” dengan terputus.

 

Saat sekring atau fuse putus, maka efeknya akan sama seperti kabel yang putus, jadi kelistrikan motor akan jadi tidak normal.

 

Oleh karenanya, walau pun nanti aki sudah ganti dengan yang baru, namun ternyata ada fuse atau sekring yang putus, maka aki tidak dapat berfungsi, sebab aliran listriknya terganggu.

 

Sekring sendiri ada yang berbentuk pisau atau blade, serta ada yang berbentuk tabung. Biasanya motor terbaru akan menggunakan sekring berbentuk pisau atau blade.

 

2. Kabel Bermasalah

Selanjutnya adalah kabel yang bermasalah. Bisa jadi kabel di bagian aki ada yang bermasalah misal kurang terpasang dengan kencang maupun ada yang putus.

 

Kabel di sekitaran aki biasanya memang merupakan kabel yang tebal-tebal, kadang pada beberapa kondisi kabel tersebut tetap bisa terputus, berkarat, hingga rapuh.

 

3. Kiprok Rusak

Selanjutnya adalah kiprok yang rusak. kiprok atau regluator ini fungsinya adalah untuk mengubah arus listrik serta membagikan daya listrik dengan tepat pada aki.

 

Biasanya kiprok yang rusak adalah kiprok yang tidak panas saat mesin dalam keadaan menyala.

 

Ciri dari kiprok yang rusak adalah membuat aki tidak mengisi. Jadi saat kita ganti aki baru, lalu menyalakan motor, maka biasanya daya listrik akan normal dulu.

 

Namun selang beberapa hari, aki kembali tekor, sebab sistem pengisian listrik di kiprok jadi bermasalah.

 

4. Spull Rusak

Spull atau alternator ini biasanya jarang mengalami kerusakan. Tetapi jika kita sering menggunakan motor tanpa memasangkan aki, maka sangat besar kemungkinan spull akan rusak berupa lilitan tembaganya yang gosong.

 

Spull sendiri biasanya terletak di bagian kiri di blok mesin. Adapun ciri spull yang rusak hampir sama seperti kiprok yang rusak yakni membuat sistem pengisian jadi tidak berfungsi.

 

Jadi aki baru akan tetap menyala selama beberapa hari, namun lambat laun aki akan tekor sebab pengisiannya tidak berfungsi.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel