-->

Aki Mobil Tiba-Tiba Mati, Apa Penyebabnya ???


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai aki mobil yang tiba-tiba mati.

 

Aki pada mobil perannya cukup penting, pasalnya aki ini menjadi penyuplai arus listrik bersifat 1 arah (DC) pada beberapa komponen penting seperti lampu serta sistem starter.

 

Berbeda dengan motor yang kadang kala ada kick starter yang menyebabkan masih dapat dinyalakan meski aki dalam keadaan mati, mobil terbilang lebih riskan bila aki sampai mati.

 

Sebab untuk “menggajrug” mobil agar dapat hidup tanpa aki dapat dikatakan lebih sukar, terlebih bila dilakukan oleh seorang diri.

 

Aki sendiri pada mobil akan diisi dayanya ketika mesin dalam keadaan hidup. Alternator jadi sumber listrik yang masih AC, lalu daya listrik masuk ke regulator untuk dikonvert ke 1 arah (DC) dan diatur besaran dayanya yang boleh masuk ke aki, selanjutnya setelah diberi rangkaian sekring, daya listrik pun akan masuk pada aki (pada beberapa jenis sistem kelistrikan, akan ada perbedaan proses pengisian pada aki).

 

Lalu jika aki diberi sistem pengisian daya, apa yang membuat aki mobil tiba-tiba mati?

1. Sekring Putus

Aki Mobil Tiba-Tiba Mati, Apa Penyebabnya ???
Contoh sekting atau fuse


Saat sekring atau sikring atau fuse putus (rusak), sebenarnya aki dalam keadaan baik-baik saja. Hanya saja karena ada yang salah di perkabelan atau di komponen kelistrikan (misal korslet), maka sistem kelistrikan tidak akan berfungsi.

 

Kenapa demikian? sebab sekring atau fuse sendiri memang bertugas untuk memutus aliran listrik jika ada ketidak normalan pada sistem kelistrikan.

 

Jika fuse atau sikring putus, maka solusinya adalah ganti baru dengan amper yang sama.

 

2. Perkabelan Korslet

Masih nyambung dengan sub bab di atas. Kabel yang korlset bisa karena ada salah satu kabel positif dan negatif terhubung.

 

Atau bisa juga kabel positif yang terhubung ke bagian bodi (besi) pada mobil. Hal tersebut setidaknya dapat membuat sekring putus atau lebih parah adalah membuat sistem kelistrikan error (membuat aki korslet).

 

3. Aki Drop atau Soak

Selanjutnya adalah karena aki yang drop atau soak. Jika aki yang kita miliki terbilang sudah berumur lama, maka jangan heran jika suatu ketika aki dapat mati secara mendadak.

 

Pasalnya, aki yang sudah berumur dapat terindikasi drop sehingga tidak mampu lagi menyimpan daya listrik yang dihasilkan oleh sistem pengisian daya.

 

Selain itu, jika aki kita berjenis aki basah dan bagian selnya berjamur karena dalam jangka waktu lama kekurangan air aki, maka besar kemungkinan performa aki akan sangat menurun dalam menyimpan daya listrik.

 

4. Membiarkan Aki Bekerja Keras

Maksudnya adalah saat kita mematikan mesin, mungkin kita membiarkan lampu depan menyala atau kita menonton TV/ menyalakan radio.

 

Saat mesin dalam keadaan mati, maka sistem pengisian listrik tidak bekerja hal tersebut dapat menyebabkan aki seperti baterai pada smartphone yang dipakai tanpa terhubung charger.

 

Imbasnya adalah aki menjadi mati saat hendak dipakai misal saat dipakai starter.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x