-->

7 Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi, Point Ini Sering Terjadi !

7 Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi, Point Ini Sering Terjadi !
Salah satu model bendik starter


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab starter motor tidak berfungsi.

 

Starter yang akan kita bahas adalah starter elektrik atau starter otomatis yang kita fungsikan dengan menekan tombol di stang sebelah kanan.

 

Nah starter jenis ini sendiri sangat banyak digemari karena terbilang lebih praktis, terutama pada motor metik atau motor lain yang tidak dibekali dengan kick starter.

 

Meski praktis dan tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk menginjak kick starter, tetapi faktanya elektrik starter ini terbilang boros dalam hal penggunaan aki atau accu.

 

Oleh karenanya, jika aki tidak dalam kondisi prima, maka dapat menyebabkan starter elektrik tidak berfungsi.

 

Tetapi, bukan hanya aki saja yang dapat menyebabkan starter motor jadi tidak berfungsi. Lalu, apa saja penyebab starter motor tidak berfungsi? Berikut pembahasannya:

1. Aki Tekor

Aki tekor ini maksudnya adalah kekurangan tegangan listriknya. Jika idealnya aki yang bagus ada di angka 12 volt saat mesin mati, maka jika mengalami tekor, tegangan dari akinya akan ada di bawah 12 volt.

 

Penyebab aki tekor sendiri ada beberapa macam, mulai dari usia pakai yang sudah tua (misal 3 tahun lebih), hingga penggunaan yang tidak tepat misal sering digunakan untuk menyalakan lampu tanpa menghidupkan mesin motor.

 

Ciri dari aki yang tekor salah satunya adalah membuat lampu meredup saat tombol starter ditekan.

 

Selain itu, jika kita paksakan starter elektrik saat aki tekor, maka imbasnya adalah kelistrikan bisa langsung mati atau suara starter berbunyi “trelek-trelek-trelek-trelek-dst” tetapi mesin motor tidak menyala.

 

 Untuk mengatasi ini, maka kita harus melakukan recharge, jika aki masih bagus dalam artian hanya kurang daya listrik.

 

Tetapi jika aki sudah “tidak bagus”, maka opsi terbaiknya adalah ganti ke aki baru dengan spesifikasi yang sama.

 

2. Bendik Starter Rusak

Selanjutnya adalah bendik starter yang rusak. Bendik ini fungsinya adalah untuk memantik dinamo starter.

 

Jadi saat tombol starter ditekan, maka bendik akan memerlukan daya listrik dari aki untuk memantik dinamo starter agar mau untuk berputar dan menggerakan mesin.

 

Salah satu ciri bendik starter yang rusak adalah terdapat suara “cetek-cetek” saat tombol starter ditekan.

 

Bendik starter atau relay starter ini memang memiliki usia pakai, dimana jika sudah “waktunya”, maka bendik akan lemah dan tidak dapat menggerakan dinamo starter.

 

Cara paling direkomendasikan saat bendik starter lemah adalah dengan cara ganti bendik starter lama ke bendik starter baru dengan spesifikasi yang sesuai.

 

3. Dinamo Starter Rusak

Selanjutnya adalah dinamo starter yang rusak. ciri dari dinamo starter yang rusak adalah terdengar bunyi “trekkkk” seperti suara kick starter yang ditekan saat mesin dalam keadaan hidup.

 

Dinamo starter biasanya mengalami kerusakan di bagian kul starter atau bagian arangnya. Untuk memperbaikinya kita harus membongkar dinamo starter dan mengganti arangnya.

 

Tetapi jika ingin ganti unit dinamo starter ke unit baru juga diperbolehkan, hanya saja harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan hanya ganti arangnya saja.

 

4. Kabel Terputus

Selanjutnya adalah ada kabel yang terputus atau pun tidak terpasang. Biasanya jika sudah membongkar aki atau bendik, kita harus melakukan pengencangan kabel ke kutub dengan pas.

 

Artinya baut penghubung kabel dengan kutub harus dipasangkan dengan benar, sebab jika tidak, maka akan menghasilkan percikan api hingga sistem kelistrikan yang tidak berfungsi.

 

5. Tombol Starter Kotor atau Rusak

Selanjutnya adalah tombol starter yang kotor ataupun sudah rusak. penyebab dari kerusakan tombol starter biasanya adalah karena debu yang menempel sehingga tombol starter tidak berfungsi dengan baik.

 

Ciri dari tombol starter yang kotor atau rusak adalah tidak ada respon saat tombol starter ditekan, padahal kelistrikan normal (misal lampu dan klakson menyala).

 

Cara memperbaiki tombol starter diantaranya adalah dengan dibersihkan atau dengan ganti baru (biasanya hanya dengan dibersihkan, maka tombol kembali normal).

 

6. Sekring Putus

Selanjutnya adalah sekring yang putus sehingga membuat aliran dan tegangan listrik terganggu. Pada beberapa motor, ada banyak sekring atau fuse yang terpasang, dan biasanya yang akan menggangu daya listrik secara total adalah bagian main fuse atau sekring utama.

 

Salah satu ciri sekring rusak adalah kelistrikan yang tekor padahal aki masih bagus. Selain itu, biasanya sekring yang rusak adalah sekring yang putus, gosong, hingga meleleh.

 

7. Kerusakan Lain

Selanjutnya adalah kerusakan lain yang tidak berhubungan dengan sistem kelistrikan. Misal kerusakan pada busi, injektor/ karbu, hingga habis bensin.

 

Jika tombol starter saat ditekan merespon tetapi mesin enggan menyala, maka ada kemungkinan kerusakan tidak terdapat pada sistem kelistrikan maupun sistem starter, tetapi yang rusak ada di sektor lain seperti yang sudah kita sebutkan di atas.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x