-->

Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. - Wiji Thukul




★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

7 Cara Menghidupkan Motor Matic Yang Mati, Mulai Dari Yang Mudah Hingga Susah

 

7 Cara Menghidupkan Motor Matic Yang Mati, Mulai Dari Yang Mudah Hingga Susah
Sekring atau fuse blade (sekring pisau)


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghidupkan motor matic yang mati.

 

Motor matic merupakan motor yang saat ini tengah banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

 

Padatnya jalanan di perkotaan hingga di kabupaten, mau tidak mau membuat minat pasar bergeser ke motor stop and go.

 

Hal tersebut setidaknya mampu meredakan “kepegalan” dan rasa capek ketika menggunakan motor non metik di jalanan yang padat merayap seperti sekarang.

 

Nah jika kalian adalah pengguna motor matic dan saat ini motor kalian bermasalah yakni mati, maka kita harus melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu dari asal-muasal matinya motor matic kita.

 

Cara Basic Menghidupkan Motor Matic Yang Mati

Secara garis besar untuk menghidupkan motor matic yang mati, maka kita dapat menggunakan elektronik starter dan juga kick starter (jika motor matic kita masih dibekali dengan kick starter).

 

Pointnya adalah jika elektrik starter kita mengalami masalah (tombol starter di stang kanan), maka kita dapat gunakan dulu kick starter.

 

Jadi jika setelah melakukan kick starter dan ternyata motor matic hidup, maka masalah ada di sistem kelistrikan.

 

Sebaliknya, jika ternyata sudah menggunakan kick starter lalu masih tidak menyala, maka kemungkinan ada kerusakan lain.

 

Cara Menghidupkan Motor Matic Yang Mati Berdasarkan Penyebabnya

Nah langkah ini termasuk cara advance, dimana penyelesaian masalahnya cenderung lebih rumit dari cara di atas.

 

Adapun cara menghidupkan motor matic yang mati berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Periksa Aki

Aki merupakan komponen penting pada motor metik terkini, terutama bagi motor matic dari pabrikan Yamaha.

 

Jika aki drop atau soak yakni tegangannya berada di bawah 5 volt (periksa tegangan aki menggunakan voltmeter atau multitester), maka sistem pengapian tidak akan berfungsi (khusus motor dengan pengapian DC).

 

Jadi jika kita terbiasa menggunakan aki soak dan biasa motor matic masih bisa menyala lalu kini mati, maka langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa akinya.

 

Jika tegangan aki di bawah 5 volt, maka ganti akinya, sebab pengapian dengan jenis DC tidak akan berfungsi jika aki dicopot atau aki soak bertegangan di bawah 5 volt.

 

2. Periksa Busi

Busi jadi komponen yang penting. Idealnya busi bisa bertahan hingga jarak tempuh 10.000 Km (pada beberapa busi bisa bertahan lebih lama lagi). Adapun jika kita merasa sudah lama tidak mengganti busi, maka ada baiknya segera ganti busi.

 

Sebab busi yang sudah lama digunakan biasanya akan dipenuhi kerak. Selain itu, biasanya kemampuan memantik percikan apinya pun sudah tidak bagus lagi, sehingga ada baiknya diganti.

 

3. Periksa Sekring atau Fuse

Jika motor matic mati total dalam segi kelistrikan dan saat melakukan kick starter ternyata motor menyala, maka ada kemungkinan sekring atau fuse ini bermasalah.

 

Sekring yang putus mengindikasikan adanya kesalahan pada instalasi kelistrikan bodi (korslet) sehingga fuse sebagai pengaman akan mengorbankan diri dan memutus aliran listrik agar tidak terjadi kerusakan lebih fatal maupun kebakaran pada motor.

 

Jika fuse putus atau gosong atau terbakar atau meleleh, maka cara memperbaikinya adalah dengan diganti baru.

 

4. Periksa Bensin

Ini adalah masalah yang basic dan kadang selalu ada saja yang mengalami hal ini, padahal pada jenis motor terbaru pasti sudah dilengkapi dengan dashboard dengan tampilan indikator bahan bakar atau bensin.

 

Jika kita terlanjur kehabisan bensin, maka segera lah isi bensin. Perlu diingat bahwa jika kita kehabisan bensin lalu mengisi bensin, maka kemungkinan motor matic perlu beberapa saat agar motor matic dapat menyala kembali (tidak akan langsung menyala).

 

5. Periksa Karbu atau Injector

Selanjutnya adalah periksa karbu atau injector (jika motor matic kita karbu, ya service karbunya. Sedangkan jika motor kita injector, ya service injectornya).

 

Biasanya yang sering bermasalah adalah motor matic yang open filter atau membuka filter udaranya.

 

Oleh karenanya, selalu pasang filter udara pada motor matic kita agar karbu atau injector tidak tersumbat.

 

6. Periksa Perkabelan

Pada beberapa motor matic, kabel di bagian sekring hingga CDI atau ECU sering mengalami kerusakan berupa putus.

 

Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk mengecek perkabelan jika motor kita tidak menyala baik setelah distarter elektrik maupun dikick starter.

 

Pada beberapa motor, putus kabel juga terjadi pada kabel di kunci kontak, sehingga motor akan benar-benar mati karena jalur kelistrikan terputus.

 

7. Periksa Sistem Pendingin Mesin

Opsi ini kita pilih jika mesin mengalami overheat atau motor mati saat kita gunakan cukup lama (cukup lama dalam bermacet-macetan misalnya).

 

Pastikan cairan pendingin misal oli hingga air radiator sesuai dengan takaran dan kekentalan. Sebab jika tida, maka dapat menyebabkan overheat ringan hingga berat.

 

Jika overheat ringan, kita hanya perlu menunggu mesin dingin dan nanti mesin motor matic akan menyala dengan sendirinya. Sedangkan overheat berat dapat mengakibatkan mesin motor retak dan lain hal sebagainya.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, sebenarnya masih ada beberapa kerusakan lain yang terbilang cukup berat seperti klep bengkok hingga stang piston bengkok. Namun untuk sekarang mungkin sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel