-->

Kamu calon konglomerat ya? kamu harus rajin belajar dan membaca, tapi jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak dapat pendidikan. - Wiji Thukul




★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

4 Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki, Indikasi Kerusakan Fatal ???

 

4 Penyebab Motor Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki, Indikasi Kerusakan Fatal ???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab motor tidak bisa hidup tanpa aki.

 

Aki, salah satu komponen kelistrikan bodi yang sangat penting fungsinya pada sepeda motor.

 

Aki sendiri merupakan baterai secara umum. Komponen yang satu ini fungsinya adalah untuk menyimpan daya listrik yang dihasilkan spull dan diatur oleh kiprok.

 

Selain untuk menyimpan daya listrik, aki juga punya fungsi untuk memberikan daya listrik berarus DC atau 1 arah pada komponen-komponen yang membutuhkan seperti lampu, klakson, starter elektrik, dan lain sebagainya.

 

Nah motor sendiri sekarang telah banyak berubah, banyak fitur kelistrikan yang sangat bergantung pada aki.

 

Termasuk dalam hal menghidupkan motor, kini banyak motor yang menggunakan sistem pengapian DC yang artinya adalah motor benar-benar perlu adanya aki dalam hal menghidupkan mesin.

 

Secara lebih jauh, mari kita bahas mengenai penyebab motor tidak bisa hidup karena tanpa aki.

1. Pengapian Full DC

Alasan pertama adalah karena pengapian mengadopsi full DC atau sistem pengapiannya memerlukan aliran listrik 1 arah.

 

Salah satu ciri motor dengan sistem pengapian full DC adalah motor yang menggunakan ECU atau CDI berarus AC.

 

Selain itu, biasanya motor yang tidak bisa dinyalakan dengan aki adalah motor yang tanpa dilengkapi dengan kondensor atau kapasitor.

 

Jika motor kalian merupakan motor keluaran terbaru misal 2 atau 3 tahun ke belakang dan sudah injeksi dengan beragam fitur kelistrikan, maka jangan heran jika motor kalian tidak dapat hidup tanpa adanya aki.

 

Jika sistem pengapiannya adalah DC, maka setidaknya kita butuh aki dengan tegangan minimal 5 volt. Lebih bagusnya sih ada di angka 12 volt sebagai tanda aki dalam keadaan normal.

 

2. Spull atau Alternator Rusak

Jika ternyata motor kalian adalah motor tua dan mengadopsi sistem pengapian AC dan ternyata tanpa menggunakan aki motor kalian tetap tidak bisa menyala, maka ada kemungkinan spull atau alternator rusak.

 

Biasanya spull atau alternator akan rusak jika motor dinyalakan tanpa menggunakan aki dalam waktu lama.

 

Dan biasanya juga, spull ini akan rusak pada motor dengan sistem pengapian AC tetapi sistem kelistrikan berjenis DC.

 

Karena sistem kelistrikan DC perlu adanya aki sebagai media penampung daya listrik, maka dengan dicopotnya akan dalam jangka waktu lama dan motor selalu dihidupkan tanpa aki, maka kemungkinan regulator atau kiprok serta spull akan mengalami kerusakan berupa gosong.

 

3. Busi Rusak

Selanjutnya mungkin ada kerusakan di sektor non kelistrikan. Bisa jadi kerusakan jurtrul ada pada aki yang sudah lama tidak diganti.

 

Oleh karenanya, pastikan busi masih berfungsi dengan baik.

 

4. Kerusakan Lain

Bisa jadi kerusakan ada di komponen lain, misal ECU rusak, CDI rusak, injektor atau karbu rusak, dan lain hal yang menyebabkan mesin motor tidak mau menyala.

 

Lebih jelasnya, silahkan cari atau pasangkan aki yang minimal bertegangan 6 volt. Setelah itu coba nyalakan motor dengan cara diengkol atau kick starter.

 

Jika ternyata bisa menyala, maka masalah ada pada aki itu sendiri yang mana motor harus dipasangkan aki agar ECU/ CDI dapat berfungsi.

 

Sebagai saran, kita juga bisa mengadopsi rangkaian kapasitor atau kondensor agar motor berpengapian DC dapat hidup tanpa aki. Tetapi langkah ini memang cukup merepotkan, sebab harus mengubah jalur kelistrikan dan pengapian.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel