-->

Positioning Astra Honda Motor Untuk PCX 160, Offensive sekali !!!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai PCX 160.

 

Astra Honda Motor (AHM) nampak sangat offensive dalam melakukan pemasaran produk-produknya.

 

Mengapa kami katakan offensive? Karena AHM tampak sangat gencar memasarkan dengan gaya yang cenderung “counter attack” atau serangan balik.

 

Yosh, di beberapa tahun ke belakang AHM tampak sangat kalem di beberapa segmen. Nampak minim inovasi dan seolah membiarkan pangsa pasar diberikan pada kompetitor sebelah.

 

Namun untuk tahun ini yang dapat dikatakan tahun sulit karena masalah pandemi, nampak AHM coba melakukan gebrakan yang cukup mayor.

 

Terutuk PCX 160, nampak segemen motor metik bongsor sangat ngotot ingin didapatkan kembali oleh AHM dari tahta NMAX 155 milik Yamaha.

 

Hal tersebut sebenarnya dapat kita simak dari spek PCX 160 yang berusaha mengungguli NMAX 155. Sebut saja kubikasi mesin yang dibulatkan jadi 160 dan pengaplikasikan 4 klep.

 

Selain itu, AHM coba berikan positioning lain yakni mendeskripsikan bahwa “Matic besar itu 160 4 valve  eSP+”.

 

Positioning Astra Honda Motor Untuk PCX 160, Offensive sekali !!!
Sumber: tmcblog.com

Jelas bukan? Secara terang-terangan AHM memang tengah menggait kembali pangsa pasar yang telah diambil selama ini oleh Nmax 155.

 

Bicara soal positioning, kita bahas sedikit mengenai salah satu aspek pemasaran ini. Freddy Rangkuti  (2016: 102) mendefinisikan positioning sebagai berikut:

Positioning adalah penetapan posisi. Tujuan positioning ini adalah untuk membangun dan mengomunikasikan keunggulan bersaing produk yang ada di pasar ke dalam benak konsumen.

 

Sedangkan menurut Philip Kotler dalam M. Nur Rianto Al-Arif (2012: 100), positioning adalah:

Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasaran. Positioning merupakan elemen yang sangat utama dalam suatu strategi pemasaran. Sebuah perusahaan dapat menentukan posisinya melalui persepsi pelanggan terhadap produk nya dan produk pesaingnya sehingga akan dihasilkan peta persepsi. Dengan menggunakan informasi dari peta persepsi itu, dapat dikenali berbagai strategi penentuan posisi.

 

Intinya, positioning ini adalah pendekatan pada calon pembeli yang sudah ditarget. Pendekatan ini biasanya dilakukan dengan beberapa cara seperti memberikan pesan dalam iklan yang menonjolkan brand image atau pun kelebihan dari produk. Positioning sendiri merupakan aspek ketiga setelah segmentasi dan targeting.

 

Well, kita simak saja apakah strategi pemasaran AHM yang mayor ini mampu mengangkat PCX 160?

 

Kami akhiri artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x