-->






★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Berikut Ini Yang Merupakan Perlengkapan Dari Socket Wrench Set Kecuali ?

 

Berikut Ini Yang Merupakan Perlengkapan Dari Socket Wrench Set Kecuali ?
Sumber: tokopedia.com


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perlengkapan dari socket wrench.

 

Socket wrench merupakan kunci socket atau kunci sock (dalam bahasa Indonesia jadi kunci soket dan disingkat kunci sok).

 

Socket wrench sendiri sering ditemui dibengkel-bengkel sebagai alat standar dalam membuka baut dan mur yang berbentuk hexagonal atau segi enam.

 

Nah untuk kalian yang tengah mengerjakan PR, kami akan sedikit membahas mengenai perlengkapan dari kunci soket.

 

Sebenarnya perlengkapan dari kunci socket ini berbeda-beda tergantung dari paket pembelian yang dipilih.

 

Namun secara umum, perlengkapan dari socket wrench adalah sebagai berikut:

1. Mata Kunci

Yang pertama adalah mata kunci, bagian ini merupakan bagian yang paling dominan, menonjol, dan mudah dikenali fungsinya yakni untuk membuka baut dengan ukuran tertentu.

 

Mata kunci sendiri memiliki beberapa bentuk misal segi enam (hexagonal), segi delapan (double square), dan segi dua belas (double hexagonal).

 

2. Adaptor

Adaptor ini fungsinya adalah untuk menyambungkan mata kunci dengan handle atau tuas kunci sock.

 

Kenapa perlu adaptor? Kan kunci sock biasanya langsung PNP antara mata kunci dan handle-nya?

 

Nah perlu diketahui ada beberapa ukuran dari kunci sock (ukuran kuncinya dan bukan mata kuncinya).

 

Jadi ada yang berukuran 1/4 inchi, 3/8 inchi, 1/2 inchi, dan seterusnya. Jika mata kunci ukurannya adalah 1/4 inchi lalu gagangnya adalah berukuran 3/8 inchi, maka di sini kita butuh adaptor.

 

Namun sekali lagi ini adalah komponen yang opsional, jadi jika kita beli paket kunci sock yang pas-pasan, maka mungkin tidak akan menemukan komponen yang satu ini.

 

3. Extension Bar

Extension bar sendiri adalah sambungan yang mana tugasnya adalah untuk membuat bagian handel menjadi lebih panjang baik di area mata kunci maupun area pegangan.

 

4. Handle atau Pegangan

Handle atau pegangan ini sering disebut juga sebagai tuas pemutar. Handle ini sendiri memiliki beberapa model yang diantaranya adalah:

a. Model L

Model bentuk L ini kadang ada yang L biasa, dan kadang ada yang bertugas sebagai breaker bar yakni lebih unggul dalam torsi.

 

Handle berbentuk L sendiri punya cukup banyak model, sehingga mungkin di pasaran kita akan banyak melihat handle berbentuk L yang dimensinya bermacam-macam.

 

b. Sliding T Bar

Sliding T bar ini adalah handle yang diberi tambahan sambungan (extension bar) yang mana setelah sambungannya disatukan, maka bentuk tuasnya jadi mirip huruf T.

 

c. Ratchet

Ratcget terkategori sebagai handle khusus dimana pemutarannya dapat diatur, tetapi hanya mendukung satu arah putaran saja. Misal kita perlu untuk mengencangkan baut, maka kita tinggal setting saja bagian ratchet agar putarannya hanya bertorsi ke kanan, sedangkan putaran ke kirinya los.

 

Nah selain beberapa handle di atas, biasanya ada juga beberapa handle yang dijual secara terpisah misal handle moment serta speeder handle (impact).

 

Untuk mengetahui perlengkapan yang tidak termasuk dari socket wrench, tinggal kalian cocokan saja, komponen mana yang tidak kami sebutkan di atas.

 

Tetapi sebagai bocoran, salah satu perlengkapan yang tidak termasuk dalam perlengkapan socket wrench diantaranya adalah Wheel Brace, SparkPlug Socket, dan lainnya.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel