Bagian-Bagian Kunci Socket, Ketahui Dalam Artikel Ini

Daftar Isi [Tampil]

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bagian-bagian dari kunci socket.

 

Kunci socket merupakan salah satu standar kunci yang ada pada beberapa industri seperti pabrik, bengkel otomotif, bahkan hingga tukang las kecil-kecilan.

 

Yips, bentuk kunci sock yang cenderung All in One memang dinilai praktis, jadi meski kita mengeluarkan modal lumayan mahal, namun isi paket dari kunci socket cenderung lengkap dan dapat menunjang berbagai pekerjaan perbengkelan serta pertukangan.

 

Nah untuk kalian yang penasaran dengan bagian-bagian pada kunci socket, mari bahas bersama saja dalam artikel ini.

 

Tetapi perlu kami sampai di sini bahwa kita tidak akan membahas secara detail mengenai bagian-bagian dari kunci socket seperti ball joint dan sebagainya, kita hanya akan membahas secara gambaran umum saja.

 

Bagian Utama Kunci Socket

Secara umum, bagian utama dari kunci socket hanya terdiri dari dua bagian. Bagian ini akan menjadi hal yang fundamental dan akan ditemukan bahkan pada paketan kunci sock termurah sekali pun.

 

Apa saja dua bagian utama tersebut?

1. Mata Kunci

Bagian-Bagian Kunci Socket, Ketahui Dalam Artikel Ini
Sumber: tokopedia.com

Yang pertama adalah mata kunci, bagian ini merupakan bagian yang paling dominan, menonjol, dan mudah dikenali fungsinya yakni untuk membuka baut dengan ukuran tertentu.

 

Mata kunci sendiri memiliki beberapa bentuk misal segi enam (hexagonal), segi delapan (double square), dan segi dua belas (double hexagonal).

 

Ukuran dari mata kunci sock sendiri akan bersinggungan langsung dengan ukuran dari mur dan baut.

 

2. Handle atau Pegangan atau Pemutar

Handle atau pegangan ini sering disebut juga sebagai tuas pemutar. Handle ini sendiri memiliki beberapa model dan biasanya dalam pembelian, kita akan mendapatkan beberapa model handle sebagai berikut (mungkin kita akan dapat 1 handle atau lebih dari 1 handle dengan bentuk berjenis seperti yang dituliskan di bawah):

a. Model L

Bagian-Bagian Kunci Socket, Ketahui Dalam Artikel Ini
Sumber: tokopedia.com

Model bentuk L ini kadang ada yang L biasa, dan kadang ada yang bertugas sebagai breaker bar yakni lebih unggul dalam torsi.

 

Handle berbentuk L sendiri punya cukup banyak model, sehingga mungkin di pasaran kita akan banyak melihat handle berbentuk L yang dimensinya bermacam-macam.

 

b. Ratchet

Bagian-Bagian Kunci Socket, Ketahui Dalam Artikel Ini
Sumber: monotaro.id

Ratcget terkategori sebagai handle khusus dimana pemutarannya dapat diatur, tetapi hanya mendukung satu arah putaran saja. Misal kita perlu untuk mengencangkan baut, maka kita tinggal setting saja bagian ratchet agar putarannya hanya bertorsi ke kanan, sedangkan putaran ke kirinya los.

 

Nah selain beberapa handle di atas, biasanya ada juga beberapa handle yang dijual secara terpisah misal handle moment, sliding T bar, serta speeder handle (impact).

 

Kelengkapan Lain Kunci Sock

Nah jika kita membeli paket kunci sock dengan status lebih mahal atau paket lengkap, kita juga biasanya akan diberi beberapa kelengkapan lain atau kelengkapan tambahan seperti berikut:

1. Adaptor

Bagian-Bagian Kunci Socket, Ketahui Dalam Artikel Ini
Sumber: tokopedia.com

Adaptor ini fungsinya adalah untuk menyambungkan mata kunci dengan handle atau tuas kunci sock (menyesuaikan ukuran drive hole).

 

Kenapa perlu adaptor? Kan kunci sock biasanya langsung PNP antara mata kunci dan handle-nya?

 

Nah perlu diketahui ada beberapa ukuran dari kunci sock (ukuran kuncinya dan bukan mata kuncinya).

 

Jadi ada yang berukuran 1/4 inchi, 3/8 inchi, 1/2 inchi, dan seterusnya. Jika mata kunci ukurannya adalah 1/4 inchi lalu gagangnya adalah berukuran 3/8 inchi, maka di sini kita butuh adaptor.

 

Namun sekali lagi ini adalah komponen yang opsional, jadi jika kita beli paket kunci sock yang pas-pasan, maka mungkin tidak akan menemukan komponen yang satu ini.

 

2. Extension Bar

Bagian-Bagian Kunci Socket, Ketahui Dalam Artikel Ini
Sumber: amazon.in

Extension bar sendiri adalah sambungan yang mana tugasnya adalah untuk membuat bagian handel menjadi lebih panjang baik di area mata kunci maupun area pegangan.

 

Extension bar ini juga kadang dipadukan dengan sleeding T bar agar torsi kunci sock jadi lebih maksimal.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)