-->






★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Penyebab Lampu Rem Belakang Motor Tidak Menyala

3 Penyebab Lampu Rem Belakang Motor Tidak Menyala


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari lampu rem belakang motor yang tidak menyala.

 

Lampu rem belakang motor merupakan salah satu piranti keselamatan berkendara yang cukup vital.

 

Saking vital atau pentingnya lampu rem belakang, sampai-sampai kita bisa terkena celaka atau pun terkena tilang karena lampu rem belakang pada motor yang mati atau tidak menyala.

 

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 ayat 1, disebutkan bahwa:

Setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu

 

Dari bunyi undang-undang di atas, dapat dikatakan bahwa jika kita mengendarai motor dalam keadaan lampu rem mati, maka kita dapat dikenakan hukuman berupa kurungan maksimal 1 bulan atau diganti dengan denda paling banyak sebesar 250 ribu.

 

Adapun mari kita bahas kembali mengenai penyebab dari lampu rem belakang motor yang tidak menyala, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lampu Sudah Rusak

Yang pertama adalah lampu yang sudah rusak. Penyebab ini adalah penyebab yang sering terjadi.

 

Pada lampu rem berjenis bohlam, biasanya kerusakan dapat terjadi pada salah satu mode lampu yakni mode standby atau mode pengereman. Tetapi kadang juga terjadi pada kedua mode tersebut.

 

Salah satu ciri lampu rem yang sudah rusak adalah lampu yang sudah gosong ataupun putus pada bagian kawatnya (untuk lampu rem bohlam).

 

Untuk lampu rem LED, biasanya kerusakannya tidak langsung blank secara menyeluruh, tetapi biasanya kerusakaan akan secara perlahan yakni bagian titik-titik LED akan mati satu persatu hingga pada akhirnya akan mati secara keseluruhan.

 

2. Kabel Ada Yang Putus

Kabel bodi yang mengarah pada lampu rem sebenarnya jarang rusak terkecuali motor sudah tua, motor bekas terjatuh, atau motor yang dimodifikasi bagian kabel-kabelnya.

 

Jika kalian sebelumnya memodifikasi bagian lampu belakang dan mencopot atau memodifikasi juga bagian perkabelan, maka silahkan periksa kembali bagian perkabelan rem belakangnya, jangan sampai salah sambung atau ada yang yang tidak tersambung dengan benar.

 

3. Switch Lampu Rem Pada Tuas Rem Rusak

Yang terakhir adalah switch atau tombol pada tuas rem rusak. Biasanya hal ini jarang terjadi dan biasanya ketika switch lampu rem rusak, maka lampu standby akan tetap menyala namun lampu remnya tidak (khusus motor yang lampu remnya standby).

 

Adapun tombol ini biasanya rusak pada motor-motor yang memang sudah tua atau sering digunakan.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel