-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Starter Motor Cuma Bunyi Tek Tek, Ini Penyebabnya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai starter motor yang Cuma berbunyi tek tek.

 

Starter motor yang sedang kita maksudkan adalah starter motor dengan jenis otomatis atau starter elektrik.

 

Starter elektrik ini untuk masa sekarang memang sangat lumrah di temui pada motor-motor produksi massal.

 

Alasan praktis jadi salah satu alasan kenapa starter elektrik ini banyak disematkan pada motor-motor keluaran terbaru. Bahkan saking trendy dan fungsional, starter elektrik bahkan dijadikan sebagai satu-satunya sistem penghidup mesin pada beberapa motor.

 

Jadi jika dulu sistem starter biasanya ada dua yakni kick starter dan elektrik starter, maka kini banyak motor yang hanya menyematkan satu sistem starter yakni hanya starter dengan jenis elektrik.

 

Starter dengan jenis elektrik ini sebenarnya sangat membantu dan praktis, tetapi perlu diketahui bahwa starter elektrik membutuh daya besar bahkan jadi “peminta” daya terbesar pada sistem kelistrikan motor.

 

Selain itu, starter motor juga kadang sering bermasalah, salah satu masalah yang terjadi adalah starter yang enggan berfungsi dan hanya mengeluarkan bunyi tek tek.

 

Lalu apa sih penyebab dari starter motor cuma bunyi tek tek?

1. Aki Lemah Atau Kurang Daya

Starter Motor Cuma Bunyi Tek Tek, Ini Penyebabnya

Yang pertama adalah aki yang sudah lemah atau kurang daya. Dalam kasus ini, biasanya bunyinya cukup panjang jadi tektektektek atau trekkkkkkkkkkk.

 

Saat aki lemah, beberapa sistem kelistrikan akan menyala contonya mungkin lampu masih akan menyala walau agak redup, tetapi karena sistem starter ini butuh daya besar, maka saat tombol starter ditekan, maka yang ada adalah starter motor hanya berbunyi tek tek.

 

Oleh karenanya, pastikan aki motor dalam keadaan prima dan jangan sampai kurang daya. Kita dapat gunakan voltmeter, multitester, atau avo meter untuk mengecek kondisi aki.

 

Misal saat menggunakan voltmeter, aki yang sehat dan prima adalah aki yang voltasenya ada di angka 12 Volt saat mesin mati dan ada di angka 14 volt saat mesin dalam keadaan hidup.

 

2. Bendik Starter Rusak

Starter Motor Cuma Bunyi Tek Tek, Ini Penyebabnya

Nah jika aki atau accu ternyata sehat, maka terduga kedua dari starter yang Cuma berbunyi tek tek adalah bendik starter atau relay starter.

 

Bendik sendiri menjadi pemantik dinamo starter agar mesin pada motor dapat menyala dengan saat tombol starter ditekan.

 

Adapun jika bunyi tek tek hanya sebentar, maka bendik bisa jadi biang keladi dari tidak berfungsinya sistem starter pada motor.

 

Untuk mengecek bendik, kita dapat lakukan dengan menggunakan multitester atau dengan cara korsletkan dua kutub pada bendik.

 

Untuk multitester, kita dapat cek bendik dalam mode ohm atau hambatan, jika saat dicek ternyata sudah tidak ada hambatan, maka bendik sudah harus diganti.

 

Sedangkan jika kita tidak punya alat ukur, kita dapat korsletkan bendik dengan cara mengubungkan kutub positif dan kutub negatif dengan menggunakan besi.

 

Jika saat dikorsletkan bendik menyala dan mesin motor menyala, maka bendik sudah rusak dan harus diganti.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel