-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kenapa Motor Byson Murah ??? Simak Di Sini Sob Alasannya

Kenapa Motor Byson Murah ??? Simak Di Sini Sob Alasannya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alasan kenapa motor Byson berharga murah, wah karena apa ya kira-kira???

 

Yamaha Byson sempat sukes dari segi penjualan terlebih pada awal-awal kemuculannya yakni sekitar tahun 2010-an.

 

Yamaha Byson sendiri mengusung desain naked berkubikasi 150 cc yang mana gambaran desainnya diambil langsung dari Yamaha India.

 

Tetapi kesuksesan tersebut hanya berlaku pada Byson karbu, sebab Byson injeksi terbilang cukup payah dalam hal penjualan dan terbilang anjlok.

 

Nah yang menarik di sini adalah ketika kita hendak membeli Byson dalam kondisi bekas, dimana harganya cukup murah atau anjlok bahkan kami pernah lihat Byson lansiran tahun 2013-an yang dibanderol dengan harga 6 jutaan.

 

Kami sendiri merupakan pengguna motor Byson karbu lansiran tahun 2014, dan saat tahun 2019 lalu kami mengajukan pinjaman uang ke salah satu koperasi dengan jaminan BPKB motor, singkatnya Byson karbu lansiran 2014 kami hanya mampu dijual dengan maximal harga 8 jutaan.

 

Wow sekali bukan? Harga barunya kala itu adalah sekitar 21,5 juta dan selang berlangsung lima tahun harganya jadi 8 jutaan.

 

Kami sendiri tidak menggadaikan BPKB dari Byson, karena kami hendak menjaminkan BPKB dari motor yang lain, namun setelah berbincang-bincang dengan pegawainya, kurang lebih komparasi motor sebelah dengan Byson cukup jauh perbandingannya.

 

Kami juga bingung kenapa Byson bisa berharga murah, padahal bila rujukannya adalah besaran pajak, Byson ini cenderung stabil dalam urusan besaran pajak.

 

Sekedar bocoran saja, selama 6 tahun menuju 7 tahun penggunaan Byson karbu, besaran pajaknya masih stabil di 300 ribuan dimana penurunan memang ada tapi cukup kecil.

 

Hal tersebut berbeda dengan motor kami yang satunya lagi dimana pajaknya relatif lebih kecil dari Byson, tetapi taksiran harga bekas motornya cenderung lebih mahal dari Byson.

 

Well, memang acuan harga jual dari “STNK” memang kurang objektif, sebab trend pasar di lapangan memang lebih aktual dan lebih sering digunakan.

 

Langsung saja kami uraikan beberapa alasan yang menyebabkan kenapa motor Byson murah:

1. Harga Beli Baru Yang Termurah

Meski bila kita bandingkan, masih ada Honda Verza yang lebih murah dari Byson, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa Yamaha Byson ini harga barunya adalah yang termurah dari kelas motor naked 150 cc di pabrikan Yamaha. Byson masih kalah mahal dari Vixion, apalagi dengan Xabre hingga MT-15.

 

2. Brand Yamaha Yang “Anu”

Beberapa perusahaan leasing memang cenderung dikuasai oleh salah satu brand motor, oleh karenanya jangan heran jika beberapa brand motor lain seperti Yamaha dan Suzuki akan sangat murah harga jual bekasnya.

 

Kami sendiri memiliki kawan yang bekerja di salah satu perusahaan leasing, dan memang ada sedikit “diskriminatif” tentang taksiran harga motor bekas, dan faktor taksiran harga jual dari leasing ini sering dijadikan acuan oleh banyak orang.

 

3. Byson Yang Memang Sudah  “Berakhir”

Masa jaya Yamaha Byson memang sudah berakhir semenjak lahirnya Byson injeksi. Bila kita bicarakan soal spek dari Byson, sebenarnya tidak ada yang “wah” dari Byson ini.

 

Mesin cenderung jadul dimana masih SOHC, berpendingin udara, dan performanya mengecewakan.

 

Dari sektor kaki-kaki, hanya bagian suspensi depan yang jadi primadona, sisanya cukup menyedihkan dimana bagian belakang dari velgnya saja masih menggunakan rem tromol yang sangat “jadul” sekali.

 

Nah dari pembahasan di atas, kami rasa 3 alasan itulah yang paling kuat menjadi latar belakang kenapa Byson ini menjadi motor yang murah dalam segi harga jual.

 

Sebenarnya Byson ini masih oke-oke saja untuk kalian urus, toh kami sendiri masih sangat betah dengan Yamaha Byson karbu ini.

 

Dan kami belum terfikir untuk menjualnya, mungkin hingga 10 tahun ke depan kami masih ingin menggunakan Yamaha Byson ini dengan tentunya melakukan beberapa project modifikasi hehe.

 

Kenapa Motor Byson Murah ??? Simak Di Sini Sob Alasannya

Memang performa dari Byson ini cukup mengecewakan, tetapi bila dilakukan sedikit upgrade pada sistem pengabutan hingga CDI/ ECU, hasilnya tidak terlalu mengecewakan kok.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel