-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kelistrikan Byson Ac Atau Dc ??? Ini Jawabannya

Kelistrikan Byson Ac Atau Dc ??? Ini Jawabannya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis dari kelistrikan Byson.

 

Yamaha Byson merupakan motor dari Yamaha yang memiliki genre street fighter dan memiliki kubikasi mesin di kelas 150 cc.

 

Yamaha Byson ini sempat menggebrak segmen motor naked 150 cc di tanah air lewat Yamaha Byson karbu yang kala itu diluncurkan pada tahun 2010.

 

Selang lima tahun berlalu (tepatnya tahun 2015), muncul Yamaha Byson terbaru yang mengusung sistem pengabutan kekinian yakni Byson 150 Fi atau Bysin 150 Fuel Injection.

 

Sayangnya Yamaha Byson injeksi kurang bersinar bila kita bandingkan dengan Yamaha Byson dengan jenis karbu.

 

Nah back to the point, kelistrikan Byson itu AC atau DC????

 

Jenis Kelistrikan Byson

Kelistrikan Byson baik itu yang karbu atau injeksi sudah mengaplikasikan jenis kelistrikan DC atau satu arah atau Fullwave.

 

Di pasaran sendiri, ada dua jenis sistem kelistrikan pada sepeda motor (sebenarnya ada satu jenis lagi yakni jenis semi DC).

 

Dua jenis sistem kelistrikan tersebut adalah AC serta DC. Nah karena Yamaha Byson menggunakan jenis kelistrikan DC, maka untuk memodifikasi sistem kelistrikan motor jadi lebih mudah.

 

Sekedar informasi saja sob, ketika sistem kelistrikan motor berjenis DC, maka sumber listrik dari spull akan disalurkan besarannya oleh kiprok menuju tempat penampungan daya listrik yang bernama aki atau accu.

 

Pada motor dengan jenis sistem kelistrikan DC, semua komponen yang membutuhkan daya listrik akan mengambil daya listrik dari aki.

 

Kabar baiknya adalah ketika kita menggunakan aki kering dan sistem kelistrikan berjenis DC, maka aki cenderung akan lebih awet.

 

Sebab daya listrik akan diisi oleh kiprok dari spull menuju aki dengan catatan motor sering digunakan dan penggunaan komponen listrik yang tidak semena-mena.

 

Jadi selama motor sering digunakan, maka potensi baterai drop akan cukup kecil dengan catatan kelistrikan motornya normal dan tidak dimodifikasi berlebihan.

 

Bahaya Cabut Aki Pada Yamaha Byson

Yamaha Byson menggunakan aki dengan jenis aki kering, jika sudah drop, maka kita dapat charger atau ganti baru akinya. Tetapi ada juga yang lebih memilih untuk mencopot akinya.

 

Nah dalam mencabut atau mencopot aki pada Yamaha Byson, ada beberapa bahaya atau kerugian yang dapat dialami yang diantaranya adalah:

1. Kiprok rusak karena bingung mau mengisi daya kemana.

2. Sistem kelistrikan error sebab sumber listrik yakni aki tidak ada.

3. Kerusakan total pada area spull.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel