-->






★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

4 Fungsi Rumah Kopling Motor, Ini Loh Sob Penjelasannya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari rumah kopling motor.

 

Pada sepeda motor dengan jenis transmisi manual hingga semi otomatis, ada salah satu komponen yang kadang mengalami masalah.

 

Komponen tersebut adalah rumah kopling, rumah kopling sendiri terletak di area blok kopling atau di sisi kanan dari blok mesin.

 

Rumah kopling ini cukup vital loh perannya, sebab beberapa kali kami harus memperbaiki area rumah kopling agar kinerja motor dapat bekerja dengan baik terlebih saat pelepasan tuas kopling atau perpindahan gigi.

 

Lalu apa sajakah fungsi dari rumah kopling motor?

 

1. Sebagai Rumah Kampas Kopling

Fungsi Rumah Kopling Motor, Ini Loh Sob Penjelasannya

Fungsi pertama dari rumah kopling adalah sebagai wadah atau rumah dari kampas kopling. Yips, kampas kopling sendiri berada di area rumah kopling dan bahu-membahu bekerja dengan komponen lain.

 

2. Sebagai Rumah Pelat Kopling (Pelat Gesek)

Fungsi Rumah Kopling Motor, Ini Loh Sob Penjelasannya

Selain kampas kopling, rumah kopling juga menjadi tempat bagi pelat kopling (pelat gesek). Jika kampas kopling memiliki grip, maka pelat kopling ini bentuknya tanpa grip. Pelat kopling ini sendiri yang nanti bersebelahan dengan kampas kopling.

 

3. Sebagai Rumah Bagi Lawan Kaki dan Kaki Empat

Fungsi Rumah Kopling Motor, Ini Loh Sob Penjelasannya

Sebenarnya fungsi yang ketiga ini masih ambigu, sebab ada yang beranggapan bahwa lawan kaki dan kaki empat ini adalah rumah kopling. Tetapi ada pula yang berpendapat bahwa rumah kopling itu bukan hanya mencakup lawan kaki dan kaki empat.

 

Lawan kaki dan kaki empat ini yang menaungi kampas kopling dan pelat kopling (pelat gesek) dan diikat atau disatukan dengan baut dan juga per kopling.

 

4. Sebagai Penghubung Dengan Primary Drive

Fungsi Rumah Kopling Motor, Ini Loh Sob Penjelasannya


Rumah kopling ini juga berfungsi untuk berhubungan dengan gigi primary atau primary drive. Nah pada posisi ini, rumah kopling juga dilengkapi dengan bosh serta karet dumper atau karet kopling.

 

Karet kopling sendiri bertugas sebagai media peredam hentakan pada area primary drive dan rumah kopling. Jika karet kopling sudah kaku dan tidak elastis, maka dapat menyebabkan timbulnya suara jedak-jeduk saat mesin motor dalam keadaan dingin (lamsang).

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel