-->






★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Fungsi Bendik Stater, Simak Di Sini Sob !!!

 

Fungsi Bendik Stater, Simak Di Sini Sob !!!
Salah satu model bendik stater, pada motor lain bentuknya akan berbeda-beda

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari bendik stater.


Bendik stater atau bendik starter disebut juga sebagai relay starter. Komponen yang satu ini sering ada pada kendaraan bermotor yang mengaplikasikan jenis starter otomatis atau starter elektrik.

 

Nah untuk kalian yang ingin mengetahui mengenai fungsi dari bendik stater, mari kita bahas bersama saja dalam artikel ini.

 

Fungsi Bendik Stater

Fungsi dari bendik stater adalah untuk memantik dinamo stater agar mau bekerja. Bendik stater sendiri akan mengaliri listrik pada dinamo stater setelah tombol stater pada motor atau kunci stater pada mobil ditekan atau diputar.

 

Bendik atau relay yang satu ini memang terbilang penting, sebab jika bendiknya rusak, maka dapat dipastikan bahwa sistem stater elektrik tidak akan bekerja dengan normal.

 

Bendik stater sendiri mengubungkan kutub positif dari aki dan kutub negatif pada dinamo stater.

 

Selain itu, pada area soket, bendik stater ini juga terhubung dengan beberapa piranti kelistrikan lain seperti perkabelan dari tombol stater.

 

Ciri-Ciri Bendik Stater Rusak

Bendik stater yang rusak memiliki ciri-ciri yakni diantaranya adalah berbunyi cetek-cetek ketika tombol stater dinyalakan.

 

Bunyi cetek-cetek ini terbilang singkat dan kadang setelah bunyi cetek-cetek, starter motor jadi berfungsi dengan normal.

 

Jika kejadiannya adalah seperti gambaran di atas, maka bendik stater sudah kurang dalam hal dayanya, sehingga sudah kurang kuat untuk “mengangkat” dinamo stater.

 

Cara Cek Bendik Stater

Kita dapat cek bendik stater dengan cara dibuat short kutub bendik staternya yakni kita satukan kutub positif dan negatif pada bendik stater dengan menggunakan bagian batang besi obeng (pastikan kunci kontak pada posisi off).

 

Jika setelah kita korsletkan atau kita short-kan kutub pada bendik dan ternyata bendik stater bekerja, maka bendik tersebut dapat dikatakan sudah rusak.

 

Sedangkan dengan cara lain, kita dapat cek bendik stater dengan cara menggunakan multitester yang berada pada mode hambatan  atau ohm.

 

Jika bendik ternyata sudah tidak memiliki hambatan (angka nol), maka dapat dipastikan bahwa bendik stater tersebut sudah rusak.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa,

Wasslamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel