-->

Cara Kerja Kurir Lazada, Kurang Lebih Sih Begini….

Cara Kerja Kurir Lazada, Kurang Lebih Sih Begini….
Sumber: lazada.co.id


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja kurir Lazada.

 

Lazada merupakan salah satu marketplace yang cukup eksis singgah di Indonesia. Marketplace yang satu ini secara promosi cukup jor-joran sama seperti Shopee.

 

Nah yang cukup unik dari Lazada adalah ia punya kurir sendiri, jadi meski sekarang sistem COD sudah bukan hal yang aneh, tetapi beberapa tahun ke belakang, Lazada lah yang jadi pionir dalam sistem kurir mandiri (diurus oleh Lazada) dan terdapat sistem COD atau bayar di tempat (cash on delivery).

 

Meski Lazada punya kurir sendiri, tetapi jujur saja, sampai sekarang masih menjadi misteri, dimana post kurir dari Lazada di tiap cabang daerah.

 

Sebab kami tahu bahwa ada post atau kantor kurir Lazada di daerah kami, tetapi hingga saat ini kami belum benar-benar tahu tempat kurirnya, sebab nampaknya post atau kantornya cukup tertutup.

 

Pengertian Kurir

Dilansir dari id.wikipedia.org kurir didefinisikan sebagai berikut:

Kurir adalah perusahaan atau perorangan yang bertugas mengirim pesan, paket dalam jumlah kecil hingga sedang, atau surat dari tempat yang satu ke tempat yang lain menggunakan jalur darat, laut, dan udara.

 

Sedangkan menurut kami, jasa kurir adalah jasa ekspedisi atau jasa pengiriman paket baik berupa barang seperti dokumen, produk, dan lain sebagainya menggunakan jalur darat, laut, dan udara (mobil, mobil pick up, truck, pesawat, kapal, kereta, sepeda motor) yang mana besaran tarif jasanya ditentukan berdasarkan berat paket (kadang juga dimensi paket) hingga estimasi kecepatan paket.

 

Cara Kerja Kurir Lazada

Secara sederhana, cara kerja kurir termasuk kurir Lazada adalah mengirimkan paket baik dokumen hingga barang dari titik A ke titik B.

 

Adapun pengiriman tersebut dibagi pada beberapa tahapan:

1. Tahap pengiriman paket menuju post tertentu. Tahap ini bisa menggunakan mobil dan sepeda motor. Yang jelas pengiriman tahap ini adalah merupakan pengiriman yang masih belum spesifik atau belum mengirimkan langsung menuju alamat penerima. Jadi misal pengirim barang ada di Jakarta, kemudian barang akan dikirim ke Bandung,  maka paket akan dibawa oleh mobil box menuju post kurir Lazada yang ada di Bandung. Nah jika tujuan alamat penerima masih jauh, maka paket akan dikirimkan lagi ke post yang lebih dekat agar nantinya pengiriman jadi lebih sederhana. Intinya tahap ini adalah tahap dimana paket dikirimkan menuju post-post kurir yang dekat dengan alamat penerima.

2. Tahap pengiriman paket menuju alamat penerima. Tahap ini sudah spesifik yakni mengirimkan paket menuju alamat penerima. Pengiriman ini biasanya menggunakan sepeda motor dan mobil box (untuk barang yang besar biasanya menggunakan mobil box). Nah kurir sepeda motor biasanya banyak ada di posisi pengiriman ini yakni pengiriman menuju penerima paket. Teruntuk kurir pada bagian ini, biasanya harus paham daerah hingga ke plosok-plosok serta harus menggunakan smartphone yang terupdate agar nantinya bisa melakukan konfirmasi penerimaan paket. Jika paket yang dibawa adalah paket COD, maka kurir ini harus meminta sejumlah uang yang sudah tertera untuk selanjutnya uang tersebut diserahkan pada post kurir (bagian yang mengurusi keuangan paket dengan status COD).

 

Nah setelah kami paparkan proses di atas, kurang lebih cara kerja kurir Lazada adalah mengirimkan paket dari titik A ke titik B dengan konfirmasi penyerahan barang menggunakan gadget atau smartphone terupdate.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x