-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Jumper Bendik Stater Vario 110


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara jumper bendik stater dari Vario 110.

 

Vario 110 adalah motor dengan jenis metik yang man adipasarkan oleh pabrikan Astra Honda Motor.

 

Karena merupakan motor dengan jenis metik, maka kebutuhan akan stater elektrik atau stater otomatis atau double stater cukup penting.

 

Sebab, motor dengan jenis metik jika harus menggunakan engkol atau kick stater cukuplah ribet.

 

Pasalnya untuk menggunakan kick stater, maka biasanya motor metik harus distandar duakan terlebih dahulu.

 

Hal tersebut tentunya cukup merepotkan, sebab jika motor mati di tengah jalan, kita harus turun dari motor dan standar duakan terlebih dahulu motornya.

 

Meski terbilang merupakan sistem stater yang praktis, tetapi sistem stater elektrik ini terbilang cukup menguras daya aki.

 

Selain itu, kadang sistem stater elektrik ini mengalami kendala seperti tidak mau menyala hingga hanya berbunyi cetek-cetek yang menandakan bahwa bendik stater mengalami masalah.

 

Nah untuk kalian yang penasaran tentang bagaimana cara jumper bendik stater dari Vario 110, mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

1. Buka Area Tameng Depan

Cara Jumper Bendik Stater Vario 110
Youtube/ Kakex Channel

Langkah pertama adalah dengan membuka tameng bagian depan. Dimana pada area tersebut terdapat aki atau accu dan juga bendik stater.

 

2. Keluarkan Bendik Stater

Selanjutnya keluarkan bendik stater dari tempatnya agar kita jadi lebih leluasa dalam memegang bendik staternya.

 

Cara menjumper bendik stater pada motor metik sendiri adalah dengan menghubungkan kutub positif dan negatif pada bendik.

 

Kita dapat lakukan dengan menggunakan tang seperti gambar di bawah ini:


Cara Jumper Bendik Stater Vario 110
Youtube/ Kakex Channel

Perlu diingat bahwa menjumper bendik stater merupakan salah satu langkah awal dalam mendeteksi performa dari bendik itu sendiri.

 

Jika bendik stater ternyata mampu menyalakan mesin saat dijumper atau dikorsletkan, maka kemungkinan bendik ini sudah lemah dan harus diganti.

 

Namun pada kanal Youtube yang kami temui, selain dengan mengganti bendik, kita juga dapat membetulkan sistem stater motor Vario 110 yang bendiknya lemah dengan cara mengubah jalur perkabelan dari bendik ke CDI.

 

Mungkin untuk videonya bisa kalian cari di Youtube, nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x