-->

Cara Jumper Bendik Stater Motor


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara jumper bendik stater motor.

 

Bendik starter atau relay starter pada motor berfungsi untuk memantik daya pada dinamo starter.

 

Jadi bendik ini nantinya akan bekerja setelah tombol starter pada stang ditekan, kemudian bendik ini nantinya akan memantikan daya listrik pada dinamo starter.

 

Salah satu kerusakaan pada sistem starter motor diantaranya adalah starter yang tidak berfungsi karena bendik sudah rusak.

 

Jika bendik starter sudah rusak, maka solusinya adalah dengan cara ganti baru. Nah pada motor sendiri, untuk mengecek apakah bendik sudah rusak atau tidak, bisa dilakukan dengan cara dijumper atau sebenarnya lebih cocok jika dibuat short atau dikorsletkan.

 

Nah berbeda dengan cara jumper bendik pada mobil, pada motor cara jumper bendik starter adalah sebagai berikut:

1. Bongkar Bodi Motor Yang Menutupi Bendik Starter

Langkah pertama adalah dengan membongkar bodi motor yang menghalangi bendik starter. Pada tiap motor akan berbeda-beda letak bendiknya, jadi bodi yang harus dibongkar pun akan berbeda-beda.

 

Tetapi yang jelas, ada yang bendiknya terletak dekat aki (biasanya milik motor naked 150 cc Yamaha), lalu ada juga yang letaknya dekat dengan dinamo starter.

 

Bendik sendiri ada yang modelnya dilengkapi dengan sikring dan ada yang benar-benar murni merupakan bendik tanpa merangkap sebagai rumah sikring.

Cara Jumper Bendik Starter Motor
Bendik dengan sikring

Cara Jumper Bendik Starter Motor

 

2. Matikan Kontak dan Jauhkan Dari Benda Yang Mudah Terbakar

Selanjutnya setelah letak bendik terlihat, kita tinggal matikan kontak motor atau biarkan motor dalam posisi off kuncinya.

 

Pastikan juga disekitar area bendik atau sekitar area motor tidak ada bensin, atau cairan lain yang mudah terbakar. Sebab proses jumper ini akan memercikan api.

 

3. Short-kan Bagian Kutub Positif dan Negatif

Pada bendik, akan ada kutub positif dan negatif yang biasanya ditutupi dengan karet. Kutub tersebut juga nantinya akan terhubung dengan kabel positif dari aki dan kabel negatif dari dinamo starter.

 

Kita tinggal korsletkan saja bagian kutub positif dan negatifnya dengan menggunakan batang besi dari obeng.

 

Cara Jumper Bendik Starter Motor

 

Jika bendik rusak, maka ketika dibuat short atau kita jumper, nantinya akan ada percikan api dan juga starter motor langsung menyala meski posisi motor dalam kondisi off kunci kontaknya.

 

Pada mobil sendiri, ketika kita melakukan jumper bendik starter, maka biasanya yang terjadi adalah kita melakukan jumper pada aki.

 

Yakni dilakukan dengan cara meminta daya aki dari aki lain. Caranya cukup mudah asal ada kabel untuk jumper akinya saja.

 

Nantinya kutub positif dari dua aki akan disatukan melalui kabel jumper. Sedangkan kutub negatif dari aki yang masih bagus akan disambungkan dengan kabel menuju massa (misal rangka) yang ada di mobil yang akinya sudah lemah.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x