-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Begini Cara Kerja Kurir JNE…

Begini Cara Kerja Kurir JNE…
Sumber: jne.co.id

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja dari kurir JNE.

 

Kurir, salah satu pekerjaan yang di era sekarang mulai diburu atau dicari oleh lulusan baru maupun yang sudah berpengalaman.

 

Pesatnya era jual beli secara online membuat kebutuhan akan jasa ekspedisi atau jasa kurir semakin banyak.

 

Oleh karenanya, maka tidak heran jika banyak pula yang mencari pekerjaan sebagai kurir, sebab sering kali banyak jasa ekspedisi yang membuka lowongan pekerjaan sebagai kurir.

 

Nah salah satu perusahaan kurir atau perusahaan ekspedisi yang cukup terkenal di Indonesia adalah JNE.

 

JNE setidaknya sudah puluhan tahun jadi jasa pengiriman paket di Indonesia, oleh karenanya maka tidak heran banyak yang ingin melamar ke JNE, sebab JNE ini bukan perusahaan abal-abal.

 

Untuk kalian yang baru pertama kali mengenal kurir dan ingin melamar pekerjaan sebagai kurir, pasti penasaran dong ya mengenai bagaimana sih cara kerja sebagai kurir dari JNE????

 

Untuk menjawab itu semua, kami akan coba jawab dalam artikel ini.

 

Pengertian Kurir

Dilansir dari id.wikipedia.org kurir didefinisikan sebagai berikut:

Kurir adalah perusahaan atau perorangan yang bertugas mengirim pesan, paket dalam jumlah kecil hingga sedang, atau surat dari tempat yang satu ke tempat yang lain menggunakan jalur darat, laut, dan udara.

 

Sedangkan menurut kami, jasa kurir adalah jasa ekspedisi atau jasa pengiriman paket baik berupa barang seperti dokumen, produk, dan lain sebagainya menggunakan jalur darat, laut, dan udara (mobil, mobil pick up, truck, pesawat, kapal, kereta, sepeda motor) yang mana besaran tarif jasanya ditentukan berdasarkan berat paket (kadang juga dimensi paket) hingga estimasi kecepatan paket.

 

Sekilas Tentang JNE

JNE Express tercatat sudah lebih dari 30 tahun menjadi pihak ekspedisi penyedia jasa pengiriman barang atau paket.

 

JNE Express yang memiliki kantor pusat di Jalan Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat didirikan pada tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'.

 

Cara Kerja Kurir JNE

Sebelum kalian mengetahui mengenai cara kerja kurir, ada baiknya kalian mengetahui apa saja yang harus dimiliki oleh kurir. Adapun untuk menjadi kurir, kalian harus memiliki beberapa hal berikut:

1. SIM A atau C atau SIM lain yang mendukung.

2. Smartphone terupdate dan terkoneksi internet untuk membuka Google Maps serta melakukan konfirmasi penerimaan paket secara online.

3. Memiliki kendaraan roda 2.

4. Paham atau mengenal daerah yang hendak dilalui.

 

Nah adapun cara kerja dari kurir paket JNE adalah sebagai berikut:

1. Paket yang hendak dikirimkan pertama-tama akan disortir berdasarkan wilayah pengiriman. Setelah disortir, paket pun akan dikirimkan menuju kantor post atau kantor JNE yang terdekat dengan alamat penerima. Misal ada paket dari Jakarta dan hendak dikirimkan menuju Bandung. Maka paket-paket yang ada di Jakarta yang tujuannya menuju Bandung akan dikumpulkan dan dikirimkan menuju kantor JNE yang paling dekat dengan alamat penerima. Proses pengiriman ini biasanya akan menggunakan mobil box hingga menggunakan truck.

2. Setelah paket sampai di kantor JNE yang paling dekat dengan alamat penerima, maka di sini tugas kurir yang menggunakan sepeda motor akan terpakai. Jika paket masih berukuran kecil, maka dapat menggunakan sepeda motor, tetapi jika paketnya besar, maka biasanya akan menggunakan mobil box. Pada tahapan ini, paket sudah harus dikirimkan ke alamat penerima sampai ke pelosok-pelosok. Oleh karenanya seorang kurir pada bagian ini harus mengenal tempat dan memegang smartphone yang terkoneksi internet agar dapat membuka Google Maps. Selain itu, jika paket yang dikirimkan bersifat COD atau Cash On Delivery atau bayar di tempat, maka si kurir juga harus menagih uang dengan total yang sudah tertera. Dan jika sudah selesai, maka kurir harus melakukan konfirmasi melalui smartphone-nya yang menandakan pengiriman paket sudah sampai di tujuan.

 

Jadi cara kerja kurir JNE ini sebenarnya sama dengan cara kerja kurir lain yakni mengirimkan paket dari post tertentu menuju alamat penerima.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript