-->

Arti Angka Di Bawah Plat Nomor Kendaraan, Ternyata Begini Penjelasannya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti angka di bawah plat nomor kendaraan.

 

Plat atau dalam bahasa baku disebut sebagai pelat nomor kendaraan merupakan nomor registrasi kendaraan bermotor yang mana pelat nomor ini secara administrasi lebih dikenal sebagai Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB.

 

Plat nomor ini jadi ciri secara aktual mengenai nomor registrasi dari kendaraan bermotor yang mana harus akur atau sama nomornya dengan yang tertera di STNK serta pada BPKB.

 

Nomor plat nomor sendiri harus ditempel pada kendaraan bermotor sebanyak 2 buah yakni di bagian depan kendaraan serta di bagian belakang kendaraan.

 

Letaknya pun harus strategis yakni pada bagian yang mudah terlihat baik pada saat malam hari dan siang hari.

 

Nah kode atau rentetan huruf dan angka pada plat nomor sendiri memiliki makna atau maksud. Dimana salah satunya adalah huruf awal pada plat nomor yang menandakan area wilayah serta kumpulan huruf di tengah yang menandakan nomor pendaftaran registrasi.

 

Selain maksud-maksud di atas, ada juga kode pada bagian bawah plat nomor kendaraan yang mana untuk lebih jelasnya silahkan simak ilustrasi nomor plat kendaraan di bawah ini.

 

Arti Angka Di Bawah Plat Nomor Kendaraan, Ternyata Begini Penjelasannya

 

Pada ilustrasi plat nomor di atas, terlihat angka di bawah plat nomor kendaraan adalah 01 . 21. Angka tersebut setidaknya memiliki maksud atau pengertian.

 

Maksud atau arti apakah gerangan?

 

Arti angka di bawah plat nomor kendaraan merujuk pada masa berlaku pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor yang bersangkutan.

 

Secara luas, angka 01 pada ilustrasi gambar di atas menandakan bulan Januari (Januari adalah bulan kesatu), lalu angka 21 menandakan tahun 2021 (2021 disingkat dengan 21).

 

Jika pelat atau plat nomor kendaraan yang kita miliki memiliki angka di bawah plat dengan 01 . 21, maka artinya pelat nomor tersebut hanya berlaku sampai bulan Januari 2021.

 

Adapun untuk tanggalnya bisa kalian cek pada STNK, dimana untuk memperpanjang pelat nomor, maka perlu dilakukan proses bayar pajak lima tahunan atau ganti kaleng (ganti pelat).

 

Proses pergantian atau perpanjangan plat nomor sendiri membutuhkan beberapa syarat seperti cek fisik kendaraan, STNK dan kopiannya, KTP dan kopiannya, serta kopian BPKB (jangan lupa bayar pajaknya serta bayar biaya pergantian pelat nomor atau TNKB).

 

Nah jika kendaraan kita tidak diperpanjang plat nomornya, apa yang akan terjadi? Yang terjadi adalah kendaraan kita jadi tidak sah untuk dikendarai di jalan raya dan membuat kendaraan kita rawan kena tilang.

 

Sebab dengan kadaluarsanya pelat nomor, maka kita dapat dengan mudah mengetahui bahwa kendaraan tersebut “bermasalah” dalam hal administrasi.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x