-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

5 Akibat Oli Mesin Habis Pada Motor

5 Akibat Oli Mesin Habis Pada Motor
Sumber: FACEBOOK/ KipoL'z

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai akibat dari oli mesin yang habis pada motor.

 

Oli pada mesin motor perannya cukup penting, sebab ada cukup banyak tugas yang diemban oleh oli mesin pada mesin sepeda motor.

 

Salah satu tugas atau fungsi tersebut diantaranya adalah untuk melumasi komponen pada mesin seperti piston, kopling, dan sejenisnya.

 

Selain itu, oli pada mesin juga bertugas untuk menjadi media pendingin paling basic, sebelum nantinya ada sistem pendingin mesin yang akan membantu tugas dalam pendinginan mesin sepeda motor.

 

Nah oli pada mesin motor sendiri harus diisi sesuai spesifikasi dan takarannya dan jangan biarkan oli pada mesin motor menjadi habis.

 

Kenapa? Sebab jika sampai oli mesin habis, maka akan ada efek atau akibat buruk yang ditimbulkan.

 

Lalu, apa saja akibat dari oli mesin yang habis pada motor?

1. Komponen Mesin Jadi Mudah Aus

Karena oli mesin pada motor bertugas untuk melumasi komponen pada mesin yang saling bergesekan, maka sudah barang tentu jika oli sampai habis pada mesin motor dapat menyebabkan komponen-komponen seperti kopling hingga ring piston jadi mudah aus.

 

Jika sistem kopling aus, maka dapat menyebabkan motor jadi selip hingga gredeg, lalu jika ring piston sampai aus, maka dapat membuat knalpot motor pada motor 4 tak jadi ngebul atau berasap.

 

2. Suara Berisik

Oli yang habis sebenarnya sangat tidak dianjurkan, dan jika oli pada mesin motor sampai habis, maka sebaiknya motor tidak dinyalakan.

 

Sebab dapat menyebabkan suara yang cukup berisik, suara tersebut adalah suara gesekan tiap komponen logam pada mesin motor.

 

3. Mesin Retak Hingga Pecah

Mesin pada motor sejatinya dapat percah atau retak karena oli yang habis. Oli yang habis pada mesin motor dapat membuat suhu pada mesin motor menjadi sangat tinggi.

 

Oleh karenanya jika sampai mesin dipaksakan untuk dinyalakan atau dijalankan, dapat membuat beberapa komponennya memuai hingga retak (terlebih jika terkena cipratan air).

 

4. Ceket

Ini adalah salah satu akibat yang cukup mengerikan, sebab piston dan dinding silinder saling menekan karena suhu yang tinggi.

 

Saat suhu tinggi dan mesin dalam keadaan menyala serta dibarengi dengan tidak adanya oli mesin, maka piston dan dinding seher akan memuai dan saling menekan sehingga laju dari piston terhambat.

 

Saat motor tengah melaju, kondisi ceket ini dapat membuat engine brake dan dapat membuat motor serta pengendaranya terpelanting dengan mudah.

 

Saat terjadi ceket, ada baiknya melakukan tengkep kopling (jika pada motor kopling atau semi otomatis), sebab cara ini dapat membuat resiko engine brake jadi lebih kecil.

 

5. Turun Mesin, Biaya Service Yang Tidak Murah

Ini adalah akibat yang sifatnya solutif. Sebab jika komponen mesin sudah rusak karena oli habis, tentu opsi untuk menormalkannya kembali adalah dengan cara diservice.

 

Tetapi perlu diingat, saat mesin mengalami kerusakan karena oli yang habis, maka kerusakannya biasanya cukup fatal sehingga harus dilakukan penurunan mesin dari rangka dan dilakukan service besar.

 

Biaya dari service besar sendiri tidaklah murah, bisa sampai berjuta-juta dan itupun tidak menjadi laju mesin motor jadi normal seperti sedia kala.

 

Oleh karenanya, jangan lupa untuk memeriksa kondisi oli dan takarannya juga. Jangan pelit juga pada mesin motor, toh harga oli mesin yang standaran hanya sekitar 50 ribuan untuk takaran 1 liternya (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

 

Lebih baik rutin ganti oli tiap 2500 Km atau maximal 3000 Km sekali, dari pada tidak ganti oli tapi sekalinya ada kerusakan bisa membuat kantung kita kering kerontang.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel