-->

4 Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan dari gigi rasio milik RX King dan RX Spesial.

 

RX King dan RX Spesial merupakan motor 2 tak berjenis naked yang pernah diproduksi dan dipasarkan oleh pabrikan Yamaha.

 

RX King dan RX Spesial ini sepintas sama, tetapi sebenarnya berbeda. RX Spesial memiliki mesin berkubikasi sebesar 115 cc, sedangkan RX King memiliki kubikasi mesin sebesar 132 cc atau jika dibulatkan jadi 135 cc.

 

Baca Juga5 Perbedaan Mesin RX King dan RX Spesial

 

Nah biasanya banyak yang memodifikasi RX Spesial ini menjadi ala-ala RX King, dan sektor yang ikut diubah adalah bagian mesin dimana banyak yang mengubah sistem jeroan mesin RX Spesial menjadi mesin RX King atau dalam kata lain banyak yang merakit mesin RX King yang disematkan pada RX Spesial.

 

Well, untuk kalian yang melakukan hal tersebut dan bertanya mengenai perbedaan dari gigi rasio dari RX King dan RX Spesial, jawabannya adalah sebagai berikut:

 

Gigi rasio dari RX King dan RX Spesial tidak ada bedanya ASAL yang digunakan atau yang dijadikan perbandingan adalah gigi rasio RX King dan RX Spesial dari tahun yang sama-sama tua (80an hingga 2000-an).

 

Sedangkan jika kalian menggarap gigi rasio RX King tahun muda (RX King kobra), maka akan ada perbedaan antara gigi rasio RX King tahun muda dan juga gigi rasio dari RX Spesial.

 

Nah sebelumnya kita ketahui dulu bahwa gigi rasio dari RX King dan RXS, RX Special, RXK, RXZ itu basic-nya sama jika tahun produksinya sama-sama tahun tua, sedangkan untuk RX King tahun muda, ada beberapa perbedaan gigi rasionya dengan RX Series tahun tua.

 

Lalu apa saja perbedaan dari gigi rasio RX King dan RX Spesial? Berikut penjelasannya:

1. Perbedaan Shift Drum

4 Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Yang pertama adalah perbedaan dari shift drumnya. Shift drum ini sering disebut juga sebagai gula-gula ataupun botolan.

 

Dimana, kontruksi dari shift drum dari RX Series tahun tua lebih rumit, sedangkan shift drum dari RX King tahun muda cenderung lebih sederhana.

 

Pembeda antara kedua shift drum tersebut diantaranya ada pada bagian coakan shift drum RX Series tahun tua sedangkan shift drum dari RX King tahun muda tidak ada coakannya.

 

Coakan tersebut sendiri nantinya akan dijadikan tempat sebagai pelor agar transmisi dapat ada di posisi netral.

 

Shift drum dari RX Series tahun tua dibuat kurang lebih dari tahun 1980 hingga 1995 awal.

 

2. Perbedaan Shift Fork

4 Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Selanjutnya perbedaan ada pada shift fork atau garpuh transmisi atau ada juga yang menyebutnya sebagai capit udang.

 

Pembeda di sini ada pada kode produksinya, dimana RX Series tahun tua yang diproduksi sejak tahun 80an hingga 2001 memiliki kode produksi 3M5.

 

Sedangkan kode produksi dari shift fork RX Series tahun muda (2002 – 2009) adalah 36L.

 

3. Perbedaan As Shift Fork

4 Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Dari segi ukuran atau panjang, sebenarnya as dari shift fork RX Series tahun tua (3M5) dengan as dari shift RX King tahun muda (36L), tidak berbeda.

 

Tetapi RX Series tahun muda atau kita katakan sebagai RX King tahun muda memiliki as shift fork yang memiliki lubang pada bagian as-nya, sedangkan RX Series tahun tua tidak ada lubangnya.

 

4. Stoper Lever atau Roller (Operan Gigi)

4 Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Stoper atau roller ini letaknya ada di bagian kanan dari blok mesin RX Series, pembeda dari kedua stoper ini adalah dari letak ukurannya.

 

Artinya kita tidak dapat saling subtitusikan stoper RX King tahun muda dan RX series tahun tua.

 

Nah jika kalian hendak mengganti gigi rasio RX Spesial ke gigi rasio RX King tahun muda, maka beberapa part di atas harus diganti, sebab beberapa part di atas memiliki perbedaan.

 

Sedangkan jika kalian hendak ganti gigi rasio dari RX Spesial ke gigi rasio RX King tahun tua, maka komponen-komponennya bisa saling tukar pakai.

 

Catatan: RX SERIES tahun muda adalah RX King keluaran muda.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Sumber gambar: tokopedia.com

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x