-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

2 Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek

2 Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab starter motor bunyi tek-tek.

 

Starter pada motor sudah jadi hal yang semakin lumrah, saking semakin lumrah dan dibutuhkan, bahkan kini sudah mulai banyak motor-motor di pasaran Indonesia yang mulai meninggalkan kick starter dan lebih memilih menggunakan starter tunggal yakni elektrik starter atau starter otomatis.

 

Nah starter elektrik memang dipandang sebagai starter yang praktis karena tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga dalam penggunaannya.

 

Tetapi perlu diketahui bahwa starter elektrik ini cukup rewel terlebih bila motor sudah menginjak masa-masa tua.

 

Salah satu penyakit pada starter motor sendiri salah satunya adalah starter yang enggan bertugas dengan semestinya dan hanya mengeluarkan bunyi tek tek.

 

Lalu apa sih penyebab starter motor berbunyi tek tek dan enggan menyala?

1. Aki Motor Lemah

Penyebab pertama adalah aki yang lemah. Lemah di sini maksudnya adalah daya pada aki masih ada, tetapi tidak cukup kuat untuk menyalakan starter motor.

 

Biasanya ketika aki lemah, maka tegangan aki hanya berkisar di bawah 11 volt saat mesin mati dan di bawah 13 volt saat mesin motor menyala (bisa dicek menggunakan avometer, voltmeter, atau multi tester).

 

Saat aki lemah, beberapa komponen kelistrikan seperti lampu dan klakson akan menyala, tetapi ketika harus menyalakan starter, maka biasanya yang terjadi adalah starter tidak bekerja dan hanya berbunyi tek tek.

 

2. Bendik Starter Lemah

Selanjutnya adalah bendik starter yang sudah lemah atau sudah rusak secara total. Bendik sendiri ada yang bertugas juga sebagai rumah sikring dan ada yang benar-benar murni sebagai bendik tanpa merangkap jabatan sebagai rumah sikring.

 

Nah ketika bendik lemah atau rusak, maka starter elektrik tidak akan menyala dan hanya  berbunyi tek-tek pertanda bendik sudah kurang kuat untuk mengangkat dinamo starter.

 

Nah sebelum mengecek bendik atau relay starter, pastikan terlebih dahulu aki masih dalam keadaan normal.

 

Untuk mengecek bendik, kita dapat korsletkan kutub positif dan negatif pada bendik dengan menggunakan besi pada obeng, atau dapat juga dengan menggunakan multi tester.

 

Dimana kita dapat gunakan multi tester dengan mode ohm atau hambatan, dan jika saat dites bendik starter terdeteksi tidak ada hambatan, maka bendik dipastikan mengalami kerusakan.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel