-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

2 Arti Angka Plat Nomor Kendaraan, Ini Loh Sob Artinya

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti angka pada plat nomor kendaraan.

 

Plat nomor kendaraan atau secara administrasi disebut sebagai tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) merupakan salah satu piranti legal yang wajib digunakan pada kendaraan bermotor yang mengaspal di Indonesia.

 

Plat nomor sendiri harus berjumlah 2 buah yang ditempatkan di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor yang mana penempatannya harus  mudah terlihat baik dalam keadaan siang hari maupun malam hari.

 

Dalam plat nomor kendaraan atau dalam TNKB, terdapat beberapa rentetan huruf dan angka yang mana huruf dan angka tersebut memiliki maksud atau makna tersendiri.

 

Nah sebagai pembahasan lebih lanjut, simak terlebih dahulu gambar ilustrasi yang sudah kami buat di bawah ini.

 

2 Arti Angka Plat Nomor Kendaraan, Ini Loh Sob Artinya

 

Pada gambar di atas, ada angka 666 serta angka 01.21. angka-angka tersebut tentunya memiliki makna-makna tertentu.

 

Adapun arti angka pada plat nomor kami pointkan sebagai berikut:

1. Sebagai Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor

Saat kita beli kendaraan bermotor secara baru, kendaraan tersebut belum terdaftar di pihak kepolisian, oleh sebab itu nomor registrasinya belum tersedia.

 

Nah setelah kendaraan kita beli lalu diurus ke pihak kepolisian melalu Samsat, maka kendaraan tersebut akan didaftarkan dan nomor registrasinya akan dicantumkan pada bagian tengah plat nomor atau dalam contoh ini adalah angka 666.

 

2. Sebagai Penanda Masa Berlaku Plat Nomor

Plat nomor memiliki masa berlaku atau masa kadaluarsa, jika plat nomor atau TNKB sudah tidak berlaku, maka kendaraan pun akan ilegal untuk digunakan di jalan raya.

 

Nah oleh karenanya kita harus mengisi atau memperpanjang masa berlaku plat nomor sebelum masa berlaku plat nomor habis.

 

Adapun bila rujukannya adalah gambar di atas, maka angka 01 menandakan bulan Januari (Januari adalah bulan kesatu), sedangkan angka 21 menandakan tahun 2021 (tahun 2021 disingkat dengan 21).

 

Jadi plat nomor pada gambar di atas berlaku hingga Januari 2021, adapun secara detail atau tanggal masa berlaku plat nomor akan tertera pada bagian STNK.

 

Jika plat nomor sudah tidak berlaku, maka kita wajib memperpanjangnya ke Samsat dengan membawa beberapa berkas seperti STNK dan kopiannya, BPKB dan kopiannya, membayarkan pajak dan biaya pergantian pelat nomor, serta kita harus cek fisik kendaraan bermotor di Samsat.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x