-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


Top Speed Vario 110 Karbu, Biasanya Sih Segini !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai top speed dari Vario 110 karbu.

 

Intermenzo Singkat Tentang Vario 110 Karbu

Top Speed Vario 110 Karbu, Biasanya Sih Segini !!!
Sumber: olx.co.id

Vario 110 karbu merupakan salah satu motor dengan jenis metik yang pernah dipasarkan oleh parbikan Astra Honda Motor (AHM).

 

Untuk sekarang sendiri, Vario 110 ini sudah tidak dipasarkan lagi oleh Astra Honda Motor (AHM). Hal tersebut karena Vario 110 sudah digantikan oleh Vario 125 dan kelas 110 atau kelas 115 cc sudah diserahkan semuanya pada Beat dan Genio.

 

Vario 110 karbu sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2006 dan eksistensinya bertahan hingga pertengahan tahun 2014.

 

Di awal kemunculannya, Vario 110 karbu merupakan salah satu pionir motor metik pertama yang menggunakan mesin dengan sistem pendingin cairan atau radiator.

 

Hal tersebut memang tabu untuk tahun tersebut, mengingat Vario 110 sendiri menggunakan mesin yang kecil yakni berkubikasi sebesar 108.2 cc.

 

Top Speed Vario 110 Karbu

Untuk kalian yang hendak membeli Vario 110 karbu bekas atau kalian yang penasaran dengan performa kecepatan maksimal dari Vario 110 karbu standar, maka kami akan coba bisikan mengenai top speed dari Vario 110.

 

Vario 110 karbu sendiri dibekali dengan mesin berkubikasi 108.2 cc pada 1 silinder tunggal berjenis 4 langkah, bercamshaft SOHC 2 katup, dan berpendingin cairan untuk mesinnya.

 

Daya terbaik dari Vario 110 adalah sebesar 8,99 ps pada putaran 8.000 rpm, sedangkan torsi terbaiknya adalah sebesar 0,86 kgf.m pada putaran 6.500 rpm.

 

Di sisi karbu, Vario 110 ini menggunakan karburator dari Keihin dengan venturi sebesar 22 mm.

 

Dengan spek singkat di atas, Vario 110 karbu setidaknya sanggup menorehkan top speed sekitar 80 Km/ Jam – 100 Km/ Jam.

 

Memang tidak terlalu kencang, mengingat di era tersebut, Vario 110 yang berjenis metik memang diperuntukan untuk daerah perkotaan dan untuk bermacet-macetan.

 

Cara Meningkatkan Top Speed Vario 110 Karbu

Salah satu opsi untuk menaikan top speed dari Vario 110 karbu adalah dengan melakukan modifikasi pada rollernya.

 

Mengganti roller pada motor metik memang merupakan cara yang amat lumrah dilakukan oleh beberapa kalangan bikers.

 

Adapun, berat dari roller standar Vario 110 karbu adalah sebesar 13 gram. Untuk mengejar top speed, maka ganti roller dengan ukuran yang lebih berat misal ukuran 14 gram atau 15 gram.

 

Lakukan pergantian secara menyeluruh dan jangan disilang guna terhindar dari keausan yang signifikan.

 

Namun perlu diingat bahwa dengan melakukan ubahan roller dengan tujuan mengejar top speed, maka akan ada satu aspek yang akan dikorbankan.

 

Aspek tersebut adalah aspek torsi atau tenaga di putaran bawah, dimana nantinya motor akan kurang “nendang” saat masih di RPM rendah, namun nafas atau top speed akan jadi lebih optimal.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel