-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Long Lap Penalty Akan Berlaku Di WSBK Mulai 2021

Long Lap Penalty Akan Berlaku Di WSBK Mulai 2021
Gambar telah diubah. Sumber: kumparan.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai dunia balap motor.

 

World Superbike merupakan salah satu ajang balap motor yang cukup terkenal di dunia, meski eksistensinya masih di bawah gelaran ajang MotoGP, tapi pecinta balap motor pasti enggan melewatkan balap motor WSBK.

 

WSBK sendiri merupakan ajang balap motor yang mana WSBK ini menggunakan motor produksi massal dan tentu berbeda dengan MotoGP yang menggunakan motor prototype.

 

Sekedar informasi saja, motor produksi massal artinya adalah motor yang dijual secara umum di pasaran melalui dealer dan sejenisnya. Motor produksi massal contohnya adalah Yamaha R1, Honda CBR1000RR, dan lain sejenisnya.

 

Sedangkan motor prototype artinya adalah motor yang dikembangkan khusus untuk balapan dan tidak diproduksi secara umum seperti motor produksi massal. Contoh motor prototype adalah Yamaha M1 dan sejenisnya.

 

Bicara mengenai long lap penalty, hukuman yang satu ini merupakan hukuman yang terbilang masih baru diajang balap MotoGp.

 

Baca JugaArti Long Lap Penalty Pada Motogp

 

Namun meski terbilang cukup baru, aturan yang satu ini dipandang lebih efektif, fair, serta efisien bila dibandingkan dengan hukuman penalty terdahulu.

 

Long lap penalty sendiri diberikan pada pembalap yang melanggar rule balapan seperti beberapa kali memotong lintasan, membahayakan pengendara lain, maupun mencelakai pengendara lain.

 

Long lap penalty ini harus dilakukan ketika race direction telah memutuskan hukuman, tetapi jika si pembalap “ngeyel” dan tidak melakukan long lap penalty, maka opsinya adalah diberi hukuman pengganti yakni penambahan waktu hasil balap dan tentu hal tersebut sama-sama merugikan bagi pembalap yang bersangkutan.

 

Sebagai informasi terakhir, rencananya long lap penalty pada WSBK 2021 tidak akan dilakukan secara full, sebab lay out dari sirkuit di WSBK 2021 belum sepenuhnya mendukung sistem hukuman long lap penalty.

 

Jadi hanya beberapa sirkuit saja yang bisa mendukung adanya hukuman long lap penalty saat balapan.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x