-->

Berat Roller Spin: Ukuran Standar & Acuan Mengubah Ukuran Roller


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai berat roller dari Spin.

 

Spin merupakan salah satu motor metik dari pabrikan Suzuki Indomobil Motor yang dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 125 cc.

 

Berat Roller Spin: Ukuran Standar & Acuan Mengubah Ukuran Roller
Sumber: olx.co.id

Untuk sekarang sendiri, Spin sudah tidak dipasarkan lagi oleh pabrikan Suzuki Indomobil Motor. Hal tersebut karena Suzuki nampak lebih fokus menjual Nex II series dan Address untuk segmen motor metik.

 

Karena Spin merupakan motor dengan jenis metik, maka menjadi lumrah jika Spin menggunakan CVT sebagai media perantara gerak dari putaran mesin menuju roda belakang.

 

Pada CVT sendiri terdapat salah satu komponen yang sering dioprek oleh kalangan bikers. Komponen tersebut bernama roller, yang mana roller sendiri merupakan roll berbentuk tabung yang memiliki lubang pada bagian tengahnya.

 

Berat Roller Spin Standar

Ukuran roller sering disebutkan dalam satuan berat yakni gram. Adapun berat roller dari Spin adalah sebesar 12 gram.

 

Roller sendiri sanggup bertahan hingga masa pakai 25.000 Km, tetapi idealnya pada kilometer 10.000-an (berlaku kelipatannya) harus dilakukan pengecekan guna menghindari hal yang tidak diinginkan (misal kita melakukan kesalahan dalam pemasangan roller dan membuat roller menjadi lebih cepat aus).

 

Acuan Mengubah Ukuran Roller

Dalam melakukan ubahan pada sektor CVT lebih tepatnya pada roller, tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Jika kalian hendak melakukan modifikasi pada roller Suzuki Spin 125, maka perlu diperhatikan acuan dalam mengubah ukuran roller yakni:

 

Ganti roller dengan ukuran yang lebih ringan untuk mencari akselerasi (untuk keperluan tanjakan) dan ganti roller ke ukuran yang lebih berat untuk keperluan top speed.

 

Jadi jika ada yang ingin Suzuki Spin 125 lebih galak di tanjakan, maka turunkan berat rollernya. Misal ukuran roller standar Suzuki Spin 125 adalah 12 gram, maka gunakan roller yang beratnya di bawah 12 gram.

 

Sedangkan jika ingin membuat lebih galak di topspeed, maka bisa ubah roller standar ke ukuran di atas 12 gram.

 

Lakukan perubahan secara menyeluruh dan jangan disilang untuk mengindari terjadinya keausan yang signifikan pada area CVT motor.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x