-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

5 Cara Memperbaiki Lampu Motor Sering Putus

5 Cara Memperbaiki Lampu Motor Sering Putus

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki lampu motor yang sering putus.

 

Lampu pada sepeda motor merupakan salah satu piranti pendukung dalam keselamatan berkendara yang mana penggunaannya diwajibkan.

 

Lampu sendiri cukup berguna atau memililiki fungsi yang mana salah satunya adalah:

1. Berfungsi sebagai media penerangan (lampu depan, lampu senja, dan lampu pelat nomor).

2. Berfungsi sebagai media isyarat (lampu rem dan lampu sein serta lampu hazard).

 

Nah sama seperti part lain pada sepeda motor, lampu juga terkadang memiliki beberapa kendala yang diantaranya adalah sering putus atau mati (pada lampu LED, gejalanya adalah panelnya yang sering gosong).

 

Lalu bagaimana sih cara memperbaiki lampu motor yang sering putus??? Berikut kami paparkan beberapa cara untuk memperbaiki lampu yang sering putus:

1. Gunakan Lampu Original

Cara pertama adalah dengan menggunakan lampu yang original. Lampu yang original atau minimal yang sesuai dengan spesifikasi merupakan salah satu cara kita agar terhindar dari putus lampu atau mati lampu secara rutin.

 

Di pasaran sendiri, banyak lampu depan yang harganya di bawah 10.000-an, tetapi kami tidak dapat menjamin kualitasnya.

 

Selain itu, dari apa yang kami alami, kami beberapa kali menggunakan lampu depan dengan harga yang murah, tetapi hasilnya lampu mudah panas dan tentunya membuat lampu depan menjadi cepat mati.

 

2. Standarkan Kembali Sistem Kelistrikan

Opsi ini diambil jika motor kita sudah tidak standar lagi dalam urusan kelistrikan. Misalnya motor kita sudah mengganti lampu ke lampu variasi, atau mencopot beberapa lampu, atau mengganti klakson, atau lain hal yang membuat kelistrikan pada motor kita sudah tidak standar.

 

Tahukah? Pada beberapa motor, salah satu lampu yang tidak dipasang bahkan sanggup membuat lampu lain pada motor menjadi cepat putus. Hal tersebut karena daya pada lampu yang tidak terpasang akan disalurkan ke lampu lain dan tentunya hal tersebut dapat membuat lampu jadi lebih mudah putus.

 

3. Periksa Kiprok dan Ganti Jika Rusak

Opsi yang satu ini sedikit susah, sebab dalam mengecek kiprok kita butuh alat voltmeter atau avometer yang jarang dimiliki banyak bikers.

 

Cara mengceknya memang mudah, tetapi membaca hasil pengecekannya yang cukup susah. Sebab, kita harus terlebih dahulu mengetahui spesifikasi dari sistem kelistrikan motor.

 

Ambil gampangnya adalah mengetahui spesifikasi dari aki motor kita, lalu nyalakan mesin motor dan test kiprok atau regulator.

 

Jika amper hingga volt kiprok yang ditujukan terlampau jauh tidak sesuai dengan spek aki atau spek kelistrikan motor, maka ada kemungkinan regulator atau kiprok mengalami kerusakan dan harus diganti.

 

4. Gunakan Lampu Depan Secara Bijak

Jika yang sering mati atau putus adalah lampu depan, maka kita dapat gunakan lampu secara lebih bijak yakni dengan tidak terus menerus mengandalkan lampu dekat (lampu default dari sepeda motor).

 

Kita dapat gunakan lampu jauh pada siang hari dan gunakan lampu dekat pada malam hari. Hal ini bertujuan agar lampu depan tidak hanya terfokus pada satu posisi dan membuat lampu depan jadi sedikit lebih awet.

 

5. Pasang Saklar On/Off Untuk Lampu Depan

Opsi ini dilakukan apabila lampu depan sering mati. Kita dapat melakukan rangkaian sedemikian rupa dengan saklar aftermarket dan beberapa inchi kabel.

 

Tujuan dari saklar ini adalah untuk mematikan lampu depan pada saat yang tidak diperlukan misal saat tengah memanaskan, tengah memperbaiki motor, atau saat dalam posisi stand by tetapi motor tidak melaju.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x