-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


4 Penyebab Lampu Motor Mati Terus, Mari Kita Bahas Di Sini !!!

4 Penyebab Lampu Motor Mati Terus, Mari Kita Bahas Di Sini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab lampu motor mati terus.

 

Sepeda motor yang legal digunakan di jalan raya adalah sepeda motor yang dilengkapi dengan piranti keselamatan berkendara.

 

Salah satu piranti berkendara tersebut adalah lampu-lampu baik itu lampu depan, lampu rem, lampu sein, dan lampu pendukung lainnya.

 

Sama seperti piranti lain pada kendaraan bermotor, lampu pun kadang mengalami kendala atau kerusakan yang kadang menyebabkan kita bertanya-tanya “kenapa part ini mati terus???”.

 

Nah di bawah ini, kami akan coba paparkan beberapa penyebab dari lampu motor yang mati terus:

1. Lampu Selalu Standby Dalam Jangka Waktu Lama

Penyebab pertama adalah karena lampu yang selalu menyala atau standby dalam jangka waktu yang lama.

 

Teruntuk lampu depan dan lampu belakang, memang kedua lampu tersebut selalu standby terlebih untuk lampu depan yang mana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 ayat 1 dan 2 yang berbunyi:

1. Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.

2. Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

 

Karena regulasi di atas, maka jangan heran jika pada motor-motor teranyar sudah tidak ditemukan tombol on/off untuk lampu depan.

 

Hal tersebut setidaknya memaksa kita harus menyalakan lampu depan dan alhasil lampu depan mudah panas dan putus serta mati.

 

Untuk mengsiasati hal ini, maka kita dapat menggunakan lampu jauh pada saat siang hari dan gunakan lampu dekat pada malam hari.

 

Jika kita lebih niat lagi, kita dapat memasangkan saklar on/off pada motor guna mematikan lampu depan pada saat-saat tertentu misal saat memanaskan, saat memperbaiki motor, atau saat dalam kondisi lampu merah yang cukup lama.

 

2. Menggunakan Lampu Yang Kurang Berkualitas

Kami pernah beberapa kali menggunakan lampu depan yang harganya murah tetapi hanya sanggup bertahan selama satu minggu.

 

Nah untuk kalian yang lampunya pernah mati, maka usahakan pergi ke bengkel yang cukup lengkap sehingga nantinya kita lebih leluasa dalam membeli lampu pengganti yang kualitasnya bagus atau minimal yang original.

 

Percaya deh, lampu yang kurang berkualitas akan mudah panas dan membuat kawat atau panel LED-nya rusak.

 

3. Kiprok Rusak

Salah satu kerusakan kiprok dalam kasus ini adalah kiprok yang kelebihan dalam menyalurkan daya. Hal ini dapat menyebabkan daya pada lampu menjadi berlebihan dan lampu mudah mengalami kerusakan.

 

Untuk mencegah kiprok rusak, salah satu caranya adalah dengan tidak memodifikasi sistem kelistrikan misal mengganti lampu ke lampu variasi, mencopot sein, atau mengganti klakson dan mengganti aki ke aki yang tidak semestinya (berbeda spesifikasi).

 

Cara mengecek kiprok rusak salah satu caranya adalah menggunakan voltmeter atau avometer dan pastikan arus dan tegangan yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi aki bawaan atau spesifikasi kelistrikan motor.

 

4. Kabel Grounding Bemasalah

Meski jarang terjadi, tetapi untuk motor-motor tua, kami sarankan mengecek kembali kabel-kabel bodi pada kendaraan kita termasuk kabel grounding.

 

Kabel grounding atau – (minus) biasanya akan menempel pada rangka dan fungsinya adalah untuk mendinginkan sistem kelistrikan (dari positif) yang panas.

 

Nah itu dia beberapa penyebab lampu motor mati terus. Kami akhir artikel ini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel