-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Gear Jupiter MX Lama, Jangan Tertukar !!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear dari Jupiter MX lama.

 

Jupiter Mx lama merupakan salah satu motor dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM),

 

Jupiter MX yang kita maksud sendiri adalah Jupiter MX yang memiliki kubikasi mesin sebesar 135 cc dan bukan Jupiter MX 150 maupun Jupiter MX King 150.

 

Nah untuk sekarang sendiri, Jupiter MX 135 sudah tidak diproduksi lagi karena sudah digantikan oleh Jupiter MX 150 dan juga MX King 150.

 

Oleh karenanya, maka jangan heran jika kita berkunjung ke dealer atau situs resmi dari Yamaha Indonesia, maka kita tidak akan menemukan katalog dari Yamaha Jupiter MX 135.

 

Jupiter MX 135 sendiri merupakan motor bebek atau motor dengan jenis underbone yang mana kelebihan dari motor yang satu ini adalah sudah menggunakan sistem transmisi dengan jenis kopling manual (ada juga sih yang versi tidak berkopling manualnya) yang kala itu masih dianggap “tabu” pada motor dengan jenis bebek.

 

Nah kita kembali pada topik utama dalam pembahasaan ini yakni mengenai ukuran gear dari Jupiter MX lama.

 

Gear yang kita maksud adalah final gear ration atau gear depan dan gear belakang dari Jupiter MX lama.

 

Adapun ukuran gear tersebut kami bagi sebagai berikut:

1. Ukuran gear Jupiter MX lama tahun 2005-2010 menggunakan gear depan dengan ukuran 15, sedangkan gear belakanya berukuran 39.

2. Ukuran gear Jupiter MX lama tahun 2010-2015 menggunakan gear depan dengan ukuran 14, sedangkan gear belakangnya berukuran 38.

 

Jika kalian tidak tahu dengan tahun perakitan Jupiter MX yang kalian miliki, maka simak gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

 

Ukuran Gear Jupiter MX Lama, Jangan Tertukar !!
MX tahun 2005-2010. Sumber: review.bukalapak.com


Ukuran Gear Jupiter MX Lama, Jangan Tertukar !!
MX tahun 2010-2015. Sumber: review.bukalapak.com


Oh iya, ukuran yang sudah kami sebutkan di atas merupakan ukuran mata gearnya (misal gear ukuran 14, maka mata atau gigi gearnya berjumlah 14), jadi jika kalian merasa kurang yakin, maka silahkan hitung saja secara manual mata dari gear Jupiter MX kalian.

 

Gear sendiri sanggup bertahan hingga masa pakai 30.000 Km, tetapi jika penggunaan yang tidak benar dan perawatannya juga tidak tepat, maka usia pakai dari gear ini bisa lebih pendek.

 

Salah satu penyebab gear cepat rusak adalah karena jarang terlumasi, jarang dilakukan penyetelan kerenggangan rantai, sering mengangkut beban berat, hingga penggunaan motor yang agresif (digas dan dilepas dengan secara spontan).

 

Salah satu ciri gear yang sudah tidak baik diantaranya adalah mata gear yang sudah bengkok, mata gear yang sangat runcing, serta mata gear yang patah.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript