-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai cek pajak motor online Jawa Barat atau cek pajak kendaraan online Jawa barat.

 

Artikel ini merupakan artikel tips dan trik dalam mengecek pajak motor atau kendaraan secara online untuk region Jawa Barat.

 

Ingat yang dicek adalah pelat nomor kendaraannya ya dan bukan region tempat tinggal kita sekarang. Maksudnya adalah yang dapat dicek dengan menggunakan trik ini adalah kendaraan bermotor yang memiliki pelat nomor dengan awalan huruf ”D”.

 

Melakukan cek pajak motor secara online sendiri memiliki beberapa keuntungan yakni diantaranya adalah:

  • Kita bisa bawa uang yang cukup untuk membayar pajak.
  • Kita bisa tahu besaran denda pajaknya jika memang dikenai denda.
  • Tidak perlu pergi ke kantor Samsat atau ke Samsat keliling hanya untuk bertanya besaran pajak.

 

Adapun dalam artikel ini, cek pajak kendaraan bermotor online ini tidak hanya terpaku pada sepeda motor, tetapi dapat juga diperuntukan untuk kendaraan beroda empat atau lebih yang menggunakan pelat nomor:

  • Berwarna hitam.
  • Berwarna kuning.
  • Berwarna merah.

 

Dalam melakukan cek pejak motor secara online di region Jawa Barat, kami rangkum ada tiga caranya yakni sebagai berikut:

1. Cek Pajak Motor Online Jawa Barat Melalui Satupiston.com

Yang pertama adalah melakukan pengecekan pajak motor secara online melalu situs Satupiston.com atau situs ini.

 

Kalian bisa mengklik tautan di atas situs ini, simak gambar di bawah ini:

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat

Atau bisa juga dengan mengklik tautan ini Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online Jawa Barat.

 

Setelah masuk ke halaman “Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online Jawa Barat”, maka kita akan disuguhkan dengan tampilan seperti berikut (tampilan ini diambil dari komputer, jadi untuk pengguna smartphone kurang lebih hampir sama namun ada sedikit perbedaan dimensi saja):

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya


Pada baris kolom pertama, silahkan masukan nomor pelat nomor, lalu pada baris kolom kedua silahkan masukan jenis warna pelat nomor, dan setelah itu tinggal klik tombol “Cari”.

 

Jika sudah selesai, nantinya kita akan dialihkan ke halaman Sambara Jabar. Oh iya dalam tahap ini, jika terjadi error atau responnya lama, maka silahkan kembali ke halaman “Cek Pajak Kendaran Bermotor Online Jawa Barat” dan coba lagi dengan jeda waktu sekitar 5 menit. Adapun respon yang lama tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena server yang penuh (saran kami, lakukan pengecekan di luar jam kerja).

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya

Nominal yang nantinya tertera merupakan nominal yang akurat dan jikalau pun nanti tagihannya berbeda, itu hanya hasil pembulatan dari total jumlah pajak yang tertera.

 

2. Cek Pajak Motor Online Jawa Barat Melalui Aplikasi Android

Selain menggunakan situs ini, cek pajak kendaraan bermotor secara online di region Jawa Barat juga dapat dilakukan di aplikasi smartphone seperti Android.

 

Caranya sendiri cukup mudah, hanya saja kita perlu menginstall aplikasinya terlebih dahulu di Play Store.

 

Baiklah, pertama-tama adalah masuk ke Google Play Store dan cari aplikasi “Cek Pajak Mobil Motor Jawa Barat”.

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya

Setelah aplikasi tersebut berhasil terinstall, maka selanjutnya silahkan masuk ke aplikasi Cek Pajak Mobil Motor Jawa Barat tersebut.

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya

Setelah itu, silahkan masukan data nomor pelat nomor beserta warna dari pelat nomor dari kendaraan bermotor kita. Setelah selesai, silahkan klik tombol Cek Pajak. Hasilnya adalah akan seperti ini:

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya


Nominal pajak yang ditampilkan pun terbilang akurat, dan seandainya ada perbedaan besaran pajak yang harus dibayarkan, itu hanya perbedaan pada sisi pembulatan.

 

Selain menggunakan aplikasi yang sudah kami sebutkan di atas, pada Android kita juga dapat menggunakan aplikasi SAMBARA. Adapun langkah-langkah pengecekannya kurang lebih hampir sama dengan apa yang kami jelaskan di atas.

 

3. Cek Pajak Motor Online Jawa Barat Melalui Bapenda.jabar.go.id

Yang terakhir, kita dapat melakukan cek pajak kendaraan bermotor online region Jawa Barat melalui situs bapenda.jabar.go.id.

 

Caranya adalah silahkan kunjungi tautan berikut https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/. Setelah masuk, kita akan mendapatkan tampilan seperti berikut ini:

Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya

Kemudian, silahkan masukan nomor pelat nomor, warna pelat nomor, dan kode captcha. Setelah selesai, silahkan klik tombol Cari.

 

Nantinya kita akan dialihkan ke halaman seperti berikut untuk informasi pajaknya:

 Cek Pajak Motor Online Jawa Barat, Berikut 3 Pilihan Caranya


Melakukan pengecekan di situs itu sendiri pastinya akurat karena ini merupakan situs induk untuk mengecek pajak kendaraan secara online di region JABAR atau Jawa Barat.

 

Jikalau pun ada perbedaan, itu hanya perbedaan nominal dalam pembulatan total biaya pajak saja (paling besar mungkin Rp. 2000-an, karena kami pernah bayar pajak dan tidak ada kembalian).

 

Sama seperti mengecek pajak di satupiston.com, melakukan pengecekan di situs bapenda pun kadang mengalami respon yang lama atau error.

 

Oleh karenanya, silahkan lakukan pengecekan pada beberapa menit berikutnya atau lakukan pengecekan pajak di luar jam kerja.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript