-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


Cara Membaca Kode Oil Seal, Begini Loh Sob !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali kita akan membahas mengenai cara membaca kode oil seal.

 

Oil seal atau sil oli merupakan salah satu komponen yang sering dijumpai pada kendaraan bermotor hingga beberapa perkakas bengkel seperti pada dongkrak dan lain sejenisnya yang biasanya merupakan perkakas yang berhubungan dengan sistem hidrolik.

 

Sama seperti komponen lain yang sering memberikan kode-kode tertentu, oil seal ini juga memiliki kode-kode yang biasanya hanya dapat dimengerti oleh orang yang paham.

 

Kode-kode tersebut sebenarnya ada banyak, mulai dari kode produksi, bahan baku, jenis seal, hingga ukurannya.

 

Nah dalam artikel ini, yang akan kita perjelas adalah mengenai kode ukuran pada oil seal dan bagaimana cara membaca kode oil seal tersebut.

 

Pengertian Oil Seal

Oil seal bila kita terjemahkan artinya adalah segel oli. Yaps, sesuai dengan artinya, oil seal ini biasanya akan bertugas sebagai penyegel oli agar tetap ada di posisi tertentu dan tidak luber atau keluar dari posisi tertentu tersebut.

 

Sebagai contoh, oil seal pada sepeda motor yang banyak dijumpai adalah pada shockbreaker depan serta pada master rem cakram.

 

Bahan Oil Seal

Banyak model dan jenis dari oil seal yang beredar di pasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan serta peruntukan.

 

Tetapi secara umum, oil seal ini terbagi pada dua jenis bahan baku yakni oil seal yang murni berbahan baku karet serta oil seal yang diberi tambahan logam baik itu alumunium dan lain sejenisnya pada bagian seal tertentu yang bertujuan untuk membuat seal menjadi lebih kokoh.

 

Bentuk Oil Seal

Sebenarnya oil seal yang digunakan pada packing mesin yang berbentuk asimetris termasuk juga ke dalam kategori oil seal.

 

Tetapi dalam artikel ini, kita berfokus pada oil seal yang berbentuk bundar atau lingkaran yang memang biasa kita jumpai di bengkel-bengkel.

 

Cara  Membaca Kode Ukuran Oil Seal

Langsung saja, yang kita ambil contohnya adalah oil seal dari shock depan motor. Yups, oil seal pada shock depan motor memang sangat umum kita jumpai di bengkel, hal tersebut karena oil seal ini memang sering mengalami rusak yang ditandai dengan kebocoran minyak atau oli shock dari tabung shock.

Cara Membaca Kode Oil Seal, Begini Loh Sob !!!

Adapun contoh ukuran dari oil seal shock depan misalnya adalah 27 x 39 x 11 atau kadang ditulis juga 27 - 39 – 11 atau di tulis 27 39 11.

 

Cara membaca kode ukuran di atas cukup mudah, caranya adalah sebagai berikut:

  • Angka 27 artinya adalah diameter lingkar dalam pada oil seal.
  • Angka 39  artinya adalah diameter lingkar luar dari oil seal.
  • Sedangkan angka 11 artinya adalah ketebalan atau ketinggian dari oil shock.

 

Satuan dari ukuran-ukuran di atas biasanya adalah mm atau milimeter.

 

Jadi cara membaca kode ukuran oil shock adalah dimana kumpulan angka pertama menujukan diameter lingkar dalam, lalu kumpulan angka kedua menujukan diameter lingkar luar, dan kumpulan angka terakhir menujukan ketinggian atau ketebalan dari oil seal.

 

Nah sampai di sini kami harap kalian paham dan artikel ini dapat menambah wawasan kita bersama.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel