-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Itu Phising FB? Simak Contoh, Cara Mencegah dan Mengatasi Phising

Apa Itu Phising FB? Simak Contoh, Cara Mencegah dan Mengatasi Phising
Sumber: pixabay.com


Satupiston.com
– Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai phising Fb.

 

Beberapa waktu lalu, orang-orang terdekat kami mengalami atau terkena phising. Hal tersebut tentunya hal yang membahayakan.

 

Karena phising sendiri merupakan salah satu kejahatan cyber atau kejahatan dalam dunia digital.

 

Biasanya, korban yang terkena phising merupakan orang yang kurang dapat membedakan yang mana link asli dan yang mana link palsu, atau mana situs yang asli dan mana situs yang palsu.

 

Dalam artikel ini, meski blog ini bukan sebuah blog yang membahas mengenai dunia IT atau blog tentang dunia teknologi informasi, tetapi blog ini dibangun berdasarkan IT.

 

Jadi dengan artikel ini, diharapkan dapat mengedukasi para pembaca yaitu kalian yang baca artikel ini agar tidak terkena phising.

 

Pengertian Phising FB

Phising ini bila kita terjemahkan dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah pengelabuan atau mengelabuhi.

 

Kami kutip dari id.wikipedia.org, dijelaskan bahwa phising adalah sebagai berikut:

Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

 

Nah adapun FB sendiri merujuk pada singkatan dari Facebook atau media sosial Facebook yang memang banyak penggunanya.

 

Sebenarnya, Phising ini tidak hanya ada pada dunia Facebook, faktanya phising pun terdapat juga pada Twitter, Instagram, Youtube, WA, Telegram, Email, SMS, hingga pada game online pun ada.

 

Kenapa? Karena senjata phising ini biasanya adalah suatu link yang mengarah ke situs tertentu atau script tertentu yang tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi data pribadi atau membobol suatu akun.

 

Contoh Phising FB

Sebagai pembuka sub bab di bawah ini, silahkan simak cuplikan gambar di bawah ini:

Apa Itu Phising FB? Simak Contoh, Cara Mencegah dan Mengatasi Phising


Yups, gambar di atas merupakan kasus phising yang terkategori merupakan phising dengan tingkat berat dan dilakukan oleh orang jahat dengan skill IT cukup tinggi (sayang sekali, ilmu IT-nya digunakan dengan tidak tepat).

 

  • Contoh phising yang umum di temui pada Facebook sendiri adalah seperti berikut:

Video terbaru, lempar no WA bagi yang mau. Klik link ini untuk bergabung grup WA >> pastelink.net/2Pr5dfdsf8U.

 

Nah sebenarnya dari contoh di atas, bagi yang masih “berfikir” rasional tentu akan berfikir bahwa “Loh? Kok katanya suruh kirim (lempar) nomor Wa, tetapi kok harus klik link?”.

 

Phising tersebut sendiri sangat lumrah dijumpai di grup-grup Facebook yang secara moderator tidak difilter oleh admin grupnya.

 

  • Selain itu, ada juga contoh phising dengan embel-embel seperti demikian:

Cek link berikut > pastelink.net/2Pr5dfdsf8U untuk mengetahui siapa yang sering kepoin profil Facebook kita.

 

Pada contoh di atas, saat kita klik link, maka seketika kita akan ikut membagikan link tersebut dan menandai teman Facebook kita bahkan hingga sampai ratusan orang.

 

  • Ada juga contoh yang sangat berbahaya yakni phising tingkat berat yang dapat merugikan secara materil misal seperti berikut:

Buat yang gagal ikut tes Prakerja, coba daftar lagi di link berikut pastelink.net/2Pr5dfdsf8U. 100% berhasil.

 

Biasanya setelah masuk ke link tersebut, orang yang masih “polos” akan percaya bahwa itu adalah situs Prakerja

 

Dan mirisnya akan coba daftar tanpa curiga dengan memasukan data misal nomor NIK KTP, KK, nomor HP, hingga email.

 

Sekedar informasi, situs pemerintahan seperti Prakerja, Polri, BPJS dan lainnya akan berakhiran go.id atau menggunakan domain go.id. Jadi situs yang resmi dari pemerintah akan diberi nama:

1. prakerja.go.id

2. polri.go.id

3. bpjs-kesehatan.go.id

 

Jadi untuk situs yang misal bernama prakerja.com, atau prakerja.xyz, atau nama lain yang bukan go.id, maka dapat dipastikan itu merupakan situs tidak resmi dari pemerintahan dan patut kita curigai.

 

Contoh cloning situs Prakerja sendiri membutuhkan keahlian nyekrip serta modal untuk beli domain dan hosting, oleh karenannya, phising dengan jenis ini menargetkan membobol akun yang tertaut dengan email atau nomor telepon yang nantinya secara bertahap akan mulai menguras “harta” dari korban.

 

Ciri-Ciri Link Phising

Sebelum kalian terkena phising, ada baiknya kalian harus memahami dulu ciri-ciri dari link phising. Apa saja ciri-ciri link phising tersebut? Berikut kami paparkan di bawah ini:

1. Biasanya menggunakan short link atau link yang pendek agar tidak ketahuan menggunakan domain abal-abal. Jadi jika ada link yang ukurannya pendek dan tidak menggambarkan situs web secara keseluruhan, maka sebaiknya jangan dulu diklik. Contoh short link sendiri adalah pastelink.net, tetapi di lapangan tetap ada model short link lain yang digunakan. Sebagi contoh, link tanpa short link akan berbentuk seperti “satupiston.com/p/cek-pajak-motor-online. Sedangkan jika kami menggunakan short link, maka mungkin akan jadi pastelink.net/3Z5aw. Jadi jika ada yang share yang tidak jelas dan tidak menunjukan link utamanya (domain utama), maka sebaiknya jangan dulu diklik (sebetulnya banyak juga link yang dibuat pendek menggunakan pastelink.net yang merupakan situs baik-baik, tetapi sebagai pencegahan sebaiknya jangan klik dulu shortlink yang tidak jelas).

2. Biasanya banyak klik bait dan cenderung kaku. Link phising biasanya akan disematkan beserta foto atau video pendek dan tentunya dilengkapi dengan caption atau keterangan yang cukup menarik namun kaku. Contonya seperti apa yang sudah kami paparkan pada sub bab sebelumnya.

3. Menjanjikan hadiah atau pertolongan secara tidak masuk akal. Misalnya memberikan link dengan keterangan bisa membantu meloloskan pengajuan prakerja, membantu memberikan tambahan limit pinjaman online, dan lain sebagainya.

 

Cara Mencegah Terkena Phising

Ada beberapa cara agar tidak terkena phising, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jangan mudah percaya dengan link yang belum jelas.

2. Jangan memberikan informasi seperti nomor handphone dan email pada orang yang tidak dikenal di media sosial.

3. Jangan sekali-kali memberikan informasi nomor HP, email, NIK KTP atau KK pada situs yang tidak terpercaya.

4. Gunakan otentikasi 2 langkah atau 2 faktor pada media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Gmail, dan aplikasi lain misal marketplace dan M-Banking.

5. Jangan membagikan nomor OTP pada orang yang menelpon atau yang menghubungi via SMS maupun WA. OTP sendiri merupakan salah satu pengaman yang biasanya diincar oleh para penggiat phising guna membobol akun kita (OTP sendiri contohnya adalah sejumlah kode yang dikirimkan oleh Facebook atau Email misal angka 4566 yang mana sifatnya sangat rahasia).

 

Sebagai tips tambahan, jika misal nomor handphone atau email kita terhubung pada OVO, DANA, M-BANKING, AKULAKU, KREDIVO, dan aplikasi keuangan lainnya, kami sarankan jangan ditautkan dengan Facebook, karena jika sampai jika “khilaf” karena mengklik link phising, maka lambat laun itu bisa berbahaya bagi kita.

 

Cara Mengatasi Akun Facebook Yang Terkena Phising

Di Facebook sendiri ada salah satu metode phising yang tujuannya adalah untuk medapatkan akun Facebook.

 

Jika akun Facebook tersebut memiliki fanspage dengan jumlah pengikut ratusan ribu atau punya grup dengan jumlah banyak, tentu terkena phising akan sangat merepotkan.

 

Oleh karenanya, jika Facebook kita terkena phising, usahakan segera ganti password dan jika bisa, segera ganti nomor telepon atau Email pada Facebook.

 

Kami teringat, kala saat itu kami memperingatkan teman kami bahwa akun Facebooknya terkena phising.

 

Lalu kami sarankan untuk segera mengganti password, tetapi teman kami cenderung tidak ambil pusing dan membiarkan.

 

Akhirnya akun Facebooknya pun mulai terkena dampak link phising. Tanda pertamanya adalah mulai sulit membuka akun serta nama Facebook beserta profilnya mulai berubah.

 

Pada kasus tertentu, para penggiat phising akan langsung bekerja cepat untuk membobol akun Facebook.

 

Tetapi pada kasus lain, akan ada jeda sehingga kita harus lebih cepat untuk mengamankan akun Facebook kita.

 

Oh iya, salah satu ciri kita terkena phising ringan di Facebook adalah ketika kita mengklik link, lalu tiba-tiba secara otomatis kita membagikan link tersebut pada beberapa grup atau pada teman-teman Facebook kita.

 

Nah sudah ya, jari dan tangan kami sudah mulai pegal. Kami akhiri artikel ini, semoga kita semua tidak terkena phising terlebih pada kasus yang berat.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript