-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Perbedaan Per CVT 1000 RPM Dengan 1500 RPM


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan per CVT 1000 RPM dengan per CVT 1500 RPM.

 

Pada motor metik, pastinya menggunakan suatu komponen yang dinamakan dengan CVT. CVT sendiri merupakan singkatan dari Continously Variable Transmisson yang mana fungsinya adalah sebagai media penyalur putaran dari mesin ke roda belakang.

 

Dalam CVT sendiri terdapat beberapa komponen yang salah satunya adalah per CVT, roller, Vbelt, hingga  puli depan dan puli belakang.

 

Nah bicara soal per CVT, komponen yang satu ini memiliki tugas yakni untuk mengatur kerenggangan pada sleeding shave atau puli belakang.

 

Per CVT sendiri sering diganti oleh user motor metik, tujuannya adalah untuk mendapatkan performa yang lebih agresif.

 

Di pasaran sendiri, yang paling umum dijual dan ditawarkan adalah per CVT racing dengan ukuran 1000 RPM dan 1500 RPM. Lalu apa perbedaan dari kedua per CVT tersebut?

 

3 Perbedaan Per CVT 1000 RPM Dengan 1500 RPM
Sumber: tokopedia.com


Langsung saja kita bahas, berikut perbedaan per CVT 1000 RPM dengan 1500 RPM:

1. Perbedaan Tingkat Kekerasan

Yang pertama adalah perbedaan tingkat kekerasan. Per CVT dengan angka 1500 RPM memiliki tingkat kekerasan yang lebih keras dari per CVT dengan angka 1000 RPM, begitu pula seterusnya misal per CVT dengan angka 2000 RPM yang lebih keras dari per CVT dengan ukuran 1500 RPM.

 

2. Perbedaan Warna

Selanjutnya adalah perbedaan warna, meski terlihat sepele namun ini benar adanya. Per dengan tingkat kekerasan 1000 RPM biasanya diidentifikasi dengan per CVT yang berwarna putih atau biru.

 

Sedangkan per CVT dengan warna kuning biasanya merupakan per CVT dengan ukuran 1500 RPM.

 

Adapun untuk per CVT berwarna merah biasanya merupakan per CVT dengan tingkat kekerasan berukuran 2000 RPM.

 

Tetapi warna-warna di atas tidaklah baku, mungkin ada beberapa produsen aftermarket yang nantinya memberi warna yang berbeda dengan apa yang kami deskripsikan.


3. Perbedaan Peruntukan

Yang terakhir adalah perbedaan peruntukan. Ya, karena tingkat kekerasan yang berbeda antara per CVT 1000 RPM dengan per CVT 1500 RPM, maka peruntukannya pun pasti berbeda.

 

Intinya adalah begini, per CVT 1000 RPM biasanya digunakan untuk motor metik yang ubahannya baru sedikit misal baru merubah roller saja.

 

Sedangkan per CVT dengan ukuran 1500 RPM biasanya digunakan untuk motor metik yang sudah cukup banyak malakukan ubahan misal ubahan pada roller, vbelt, oversize piston, knalpot, dan lain sebagainya.

 

Ingat untuk tidak secara kontras mengganti ukuran per CVT, hal tersebut karena dapat menyebabkan laju motor metik kita jadi ngempos.

 

Selain itu, penggunaan per CVT yang terlalu keras tanpa dibarengi dengan pergantian komponen lain dapat dengan mudah membuat vbelt jadi cepat aus.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript