-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Pengaruh Per CVT 1500RPM, Simak Baik-Baik Sob !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengaruh per CVT 1500RPM pada motor metik.

 

Pada motor metik, terdapat yang namanya CVT atau Continously Variable Transmisson yang mana fungsinya adalah sebagai media penyalur putaran dari mesin ke roda belakang.

 

Dalam CVT sendiri terdapat beberapa komponen yang salah satunya adalah puli depan dan puli belakang, roller, per CVT, hingga vbelt.

 

Teruntuk per CVT, biasanya per CVT sendiri sering diubah ukurannya guna kepentingan upgrade performa.

 

Tetapi, apa saja sih pengaruh dari per CVT ini? Sebagai informasi nih sob, biasanya per CVT aftermarket dengan jenis racing akan menawarkan tiga tingkatan kekerasan atau ukuran yakni per CVT berukuran 1000RPM, per CVT berukuran 1500RPM, serta per CVT berukuran 2000RPM.

 

Adapun per CVT dengan ukuran 1500RPM banyak dipilih karena dipandang cukup “balance” jadi tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras.

 

Per CVT dengan ukuran 1500RPM sendiri biasanya ditandai dengan per yang berwarna kuning (meski tidak selalu demikian).

3 Pengaruh Per CVT 1500RPM, Simak Baik-Baik Sob !!!
Sumber: tokopedia.com

Lalu apa saja sih pengaruh per CVT 1500RPM? Berikut kami sajikan pengaruh per CVT 1500RPM:

1. Membuat Performa Motor Metik Jadi Lebih OKE

Pengaruh pertama dari per CVT 1500RPM adalah membuat performa motor metik jadi lebih oke atau lebih mengigit.

 

Tetapi pengaruh yang satu ini harus didukung dengan ubahan komponen lain misal pergantian pada roller, pada per mangkuk kopling, vbelt dan lain sebagainya.

 

Jadi jika kita tidak merubah apapun pada bagian CVT dan hanya merubah ukuran per CVT ke ukuran 1500RPM, maka jangan harap performa akan jadi oke.

 

2. Membuat Akselerasi Motor Metik Jadi Ngempos

Nah pada sub bab di atas kami telah sebutkan bahwa per CVT 1500RPM akan membuat performa motor metik kita jadi lebih oke. Tetapi, pengaruh tersebut hanya berlaku jika ada ubahan lain di CVT atau mesin motor metik kita yang mendukung terjadi peningkatan performa.

 

Jika kita tidak mengubah apapun dan hanya mengubah per CVT ke ukuran yang lebih keras yakni ukuran 1500RPM, maka kemungkinan yang terjadi adalah akselerasi motor jadi ngempos karena puli belakang terlalu tertekan oleh per CVT.

 

3. Membuat Vbelt Jadi Lebih Cepat Aus

Pengaruh yang terakhir dari list kami adalah membuat vbelt menjadi lebih cepat aus. Per CVT sendiri memiliki tugas untuk mengatur kerenggangan pada sleeding shave atau puli belakang.

 

Jadi jika yang diganti hanya per CVT saja, maka kemungkinan Vbelt akan kewalahan menggerakan puli belakang karena puli belakang cukup keras untuk digerakan.

 

Nah alasan itulah yang menyebabkan kenapa idealnya pergantian per CVT harus dibarengi dengan ubahan pada komponen lain.

 

Setelah kita membaca artikel ini, kami harap kita jadi semakin paham mengenai keuntungan dan kerugian dari mengubah per CVT ke angka 1500RPM.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript