-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Bearing Roda Depan Mio

Ukuran Bearing Roda Depan Mio
Mio Z. Sumber: yamaha-motor.co.id


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran bearing roda depan dari Mio.

 

Mio merupakan salah satu motor metik yang sampai saat ini masih dikeluarkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Meski eksistensinya sudah tidak seberingas 13 tahunan ke belakang, namun pengguna Yamaha Mio masih tetap banyak terlebih bila kita pandang ke jalanan di beberapa kota besar.

 

Mio sendiri sempat menjadi salah satu motor metik yang merajai segmen motor metik entry level di Indonesia, namun sayangnya tahta dari Yamaha Mio harus digeser oleh Honda Beat yang bertarung pada segmen yang sama meski dengan status kubikasi mesin yang berbeda.

 

Bicara soal bearing, komponen yang satu ini lebih dikenal juga sebagai laher. Yups, baik itu bearing maupun laher, keduanya merupakan komponen yang sama yakni merupakan bantalan yang dipasangkan pada komponen tertentu (komponen dalam komponen) yang bertujuan untuk menjaga suatu komponen agar tidak goyang atau oleng (pusing ya bahasanya hehe).

 

Penyebab Bearing Roda Depan Oblak

Pertama-tama kami akan bahas terlebih dahulu penyebab dari bearing roda depan yang mengalami oblak. Beberapa penyebab bearing roda depan oblak adalah sebagai berikut:

1. Sering menerjang jalanan yang tidak rata dengan kecepatan yang tidak pelan.

2. Menurunkan shock depan sehingga membuat shock depan menjadi keras.

3. Salah melakukan pemasangan bearing (dipukul-pukul atau tidak menggunakan boshing yang sesuai).

4. Menggunakan bearing pengganti yang kurang berkualitas sehingga mudah oblak kembali.

 

Ciri-Ciri Bearing Oblak

Beberapa ciri bearing yang oblak diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Roda terasa oleng ke samping.

2. Ketika melakukan pengereman, roda atau velg jadi tidak stabil.

3. Getaran yang tidak normal saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi karena roda mengalami oleng.

 

Ukuran Bearing Roda Depan Mio

Yamaha Mio menggunakan bearing roda depan dengan ukuran 6300. Ukuran 6300 sendiri lumrah ditemui pada motor-motor kecil dari brand Yamaha.

 

Kode Bearing Roda Depan Mio

Salah satu bearing yang dapat digunakan pada Yamaha Mio adalah bearing dengan kode part 93306-300YK. Kode bearing tersebut mudah untuk ditemukan baik itu versi original maupun versi aftermarket.

 

Persamaan Bearing Roda Depan Mio

Salah satu motor yang memiliki ukuran bearing yang sama dengan Yamaha Mio adalah Yamaha Nmax 155 serta Aerox 155. Adapun secara lebih detail, beberapa motor yang menggunakan bearing roda depan dengan ukuran 6300 adalah sebagai berikut:

  • Lexi 125
  • X Ride 115
  • Free Go
  • Nouvo
  • Xeon
  • Jupiter Z
  • Vega R

Nah jika kita merasa kurang yakin dengan persamaan bearing roda depan pada artikel ini, maka kita dapat manfaatkan aplikasi marketplace seperti Bukalapak, Shopee, dan lain sejenisnya untuk mencari bearing dari Mio baik itu yang original maupun yang aftermarket.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript