-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Membuat Knalpot Ngebass Bulat Pada Knalpot Racing Motor


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat knalpot ngebass pada knalpot racing motor.

 

Banyak yang melakukan pergantian knalpot karena aspek penampilan knalpot yang secara tampilan memang memberikan nilai tambah.

 

Namun tidak sedikit juga yang mengganti knalpot karena memang menyukai suaranya, terlebih untuk motor yang mengaplikasikan mesin multi silinder seperti R25, CBR250RR, hingga ZX-25R.

 

Terbayang bukan seperti apa asyiknya mendengarkan suara knalpot dari motor dengan mesin multi silinder?

 

Nah namun faktanya masih ada yang belum mengerti tentang karakter suatu knalpot terlebih dalam urusan karakter suara.

 

Sehingga kadang ada yang merasa kecewa karena sudah membeli knalpot jutaan rupiah, namun suaranya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

 

Kebanyakan dari pengguna knalpot racing sendiri mendambakan suara yang ngebass serta bulat karena dipandang lebih enak untuk didengar.

 

Nah sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara membuat knalpot racing agar bersuara ngebass dan bulat, maka sebaiknya perhatikan hal-hal berikut.

 

Dimensi Knalpot Yang Ideal Bersuara Ngebass dan Bulat

Dimensi atau ukuran knalpot racing memiliki peran yang penting dalam urusan membuat output suaranya agar menjadi terdengar lebih ngebass dan bulat.

 

Adapun dimensi knalpot yang kurang lebih seperti inilah yang akan membuat suara knalpot racing menjadi bersuara ngebass dan bulat:

 

1. Header atau Leher Knalpot Yang Panjang

Cara Membuat Knalpot Ngebass Bulat Pada Knalpot Racing Motor

Yang pertama adalah knalpot dengan header atau leher knalpot yang panjang. Knalpot dengan model panjang atau long memiliki karakter suara yang lebih ngebass dari pada leheran knalpot yang pendek atau short.

 

2. Silincer Yang Panjang

Cara Membuat Knalpot Ngebass Bulat Pada Knalpot Racing Motor

Yang kedua adalah silincer atau tabung knalpot yang juga harus panjang. Hal ini sama dengan prinsip header knalpot yakni semakin panjang silincernya, maka akan semakin lebih ideal suara ngebassnya. Di pasaran sendiri sering ada silincer yang short, nah silincer yang short tersebut sebenarnya memiliki karakter yang lebih “kasar” serta suaranya biasanya akan lebih nyaring.

 

3. Inlet Knalpot Yang Besar

Cara Membuat Knalpot Ngebass Bulat Pada Knalpot Racing Motor

Opsi yang ketiga adalah pastikan kita menggunakan knalpot dengan inlet yang besar. Inlet sendiri adalah besarnya lubang antara slip on header dan silincer. Semakin besar lubang inlet-nya, maka kemungkinan suaranya akan semakin ngebass. Biasanya di pasaran sendiri knalpot yang dijual memiliki inlet 51mm/ 52 mm. Tapi selain ukuran tersebut juga banyak dijual. Ukuran inlet ini biasanya akan menggambarkan juga ukuran diameter silincer serta diameter slip on dari header.

 

Cara Membuat Knalpot Racing Ngebass Bulat

Setelah aspek di atas sudah dilakukan dan kita merasa kurang puas dengan suara knalpotnya, maka kita dapat melakukan ubahan pada knalpot racing tersebut agar menjadi lebih ngebass bulat dalam urasan suara.

 

Hanya saja cara yang akan kami paparkan di bawah terbatas hanya untuk knalpot racing yang memiliki saringan pada bagian silincernya.

 

Hal tersebut karena cara yang akan kami berikan adalah menggunakan glasswool atau gesbul pada silincer knalpot racing.

 

Cara Membuat Knalpot Ngebass Bulat Pada Knalpot Racing Motor

Cara ini merupakan cara yang umum dilakukan untuk memodifikasi karakter suara dari knalpot lebih tepatnya pada sisi silincernya.

 

Dimana beberapa lembar glasswool dimasukan pada silincer guna membuat suara knalpot lebih ngebass dan terasa lebih bulat.

 

Sebelum memulai cara ini, pastikan knalpot kalian bisa dipasangi glasswool secara manual (menggunakan kunci pas atau kunci ring dan beberapa kunci pendukung yang banyak digunakan) dan tanpa tools khusus.

 

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka silincer dari headernya, lalu periksa apakah di dalam knalpot tersebut ada saringan (biasa disebut sarang tawon). Jika ada dan secara kasat mata dapat dijejali sesuatu, maka kita dapat menggunakan cara memasukan glasswool ini.

2. Siapkan glasswool beberapa lembar (sesuaikan saja). Glasswool atau gesbul yang umum dijual di pasaran adalah glasswool berwarna kuning dan putih. Gesbul kuning memiliki karakter lebih “ngebass” tetapi mudah terbakar sehingga kurang awet, sedangkan gesbul putih memiliki karakter lebih “garing” namun cenderung lebih tahan panas sehingga lebih awet. Adapun gesbul dengan warna putih memiliki harga yang lebih mahal dari gesbul berwarna kuning.

3. Sebelum dipasangkan pada silincer, ada baiknya gesbul atau glasswool dilumuri dengan oli agar dapat dengan mudah dimasukan dan ajeg berada di dalam silincer.

4. Jika sudah beres, silahkan pasang kembali silincer pada slip on maupun header knalpot. Jika karakter knalpot malah jadi mendem, maka kurangi jumlah glasswoolnya, begitu pun juga sebaliknya.

 

Cara Membuat Knalpot Standar Jadi Ngebass

Cara Membuat Knalpot Ngebass Bulat Pada Knalpot Racing Motor

Untuk knalpot standar, cara membuat suaranya agar jadi lebih ngebass adalah dengan cara dibobok di bengkel spesialis bobok knalpot (bengkel las biasa pun bisa tapi hitungannya biasanya kurang tepat).

 

Tetapi cara ini tidak kami rekomendasikan karena membuat knalpot standar jadi tidak dapat dikembalikan ke kondisi semula.

 

Dampak Penggunaan Knalpot Tidak Standar

Cara Membuat Knalpot Ngebass Bulat Pada Knalpot Racing Motor


Apa yang kami tulis dalam artikel ini dapat dikatakan bertentangan dengan hukum karena Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 berbunyi sebagai berikut:

 

Motor (Pasal 285 ayat 1)

Mobil (Pasal 285 ayat 2)

Setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu

Setiap pengendara mobil yang tidak memenuhi persyaratan teknis seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu

 

Pasal di atas memberikan hukuman pidana bagi pengguna motor dan mobil yang mengunakan knalpot yang tidak layak jalan (tidak standar) dimana pengguna sepeda motor bisa dikenai pidana kurungan selama paling banyak satu bulan atau diganti dengan denda paling banyak 250 ribu.

 

Sedangkan pengguna mobil dapat dikenai kurungan paling lama 2 bulan atau diganti dengan denda paling banyak  sebanyak 500 ribu.

 

Jadi untuk kalian yang hendak menggunakan knalpot racing atau melakukan bobok pada knalpot standar, silahkan fikirkan kembali dampak buruk yang akan diterima.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript