-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pengertian dan Fungsi Fuse Adalah ?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari fuse.

 

Fuse pada komponen kelistrikan tak terkecuali di sepeda motor memiliki fungsi secara sederhana sebagai “pengaman” komponen kelistrikan dari hubungan arus pendak listrik.

 

Jadi jika terjadi hubungan arus pendak atau terjadi ketidak normalan pada sistem kelistikan motor, sebelum komponen utama yang putus atau terbakar (misal lampu depan), maka yang akan terlebih dahulu putus dan terbakar adalah fuse.

 

Pada sepeda motor sendiri fuse biasanya sering jadi komponen wajib yang mana jika fusenya mengalami putus atau terbakar maka saat kita nyalakan sepeda motor maka motor tidak akan menyala karena fuse telah terputus dan otomatis memutus sistem arus listrik.

 

Cara agar bisa menyalakan kembali motor kesayangan kita ya dengan cara ganti fuse yang putus atau terbakar tadi dengan fuse yang baru yang memiliki spesifikasi yang sama dengan fuse kita yang sebelumnya terbakar.

 

Eh ngomong-ngomong, tahu gak sih fuse itu apa? Soalnya fuse ini pada dunia sepeda motor jarang digunakan bahasanya loh. Dari pada bingung yuk kita bahas pada sub bab di bawah ini.

 

Pengertian Fuse

Fuse sendiri lebih sering dikenal oleh kalangan anak bengkel sebagai sikring atau dalam Bahasa Indonesia dinamai sebagai sekering.

 

Fuse atau sikring atau sekering ini akan diterapkan pada sepeda motor guna mencegah komponan utama seperti lampu depan, lampu sein, atau CDI/ ECU mengalami kerusakan karena adanya hubungan arus pendak atau ada arus listrik berlebih pada komponen kelistrikan sepeda motor.

 

Fuse atau sikring ini secara mendasar merupakan suatu kawat pendek yang akan meleleh jika ada arus listrik yang tidak normal misal arus listrik yang berlebih atau arus listrik yang mengalami korsleting.

 

Jadi dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa fuse merupakan sekering atau sikring dalam dunia otomotif yang mana fuse ini merupakan sebuah kawat pendek yang ada pada “cangkang” yang bekerja untuk menjadi indikator pertama jika ada komponen kelistrikan yang tidak normal.

 

Fungsi Fuse

Sebetulnya dari tadi kita sudah merujuk dan membahas mengenai fungsi dari fuse atau sikring ini. Namun jika kita buat poin, maka beberapa fungsi dari fuse atau sikring yang kami paparkan adalah sebagai berikut:

 

1. Menghindari terjadinya korsleting pada komponen kelistrikan vital seperti lampu-lampu, CDI/ ECU, serta komponen kelistrikan lain.

 

2. Menghemat biaya kerusakan, hal tersebut karena jika nantinya ada korsleting atau ketidak normalan arus listrik, maka yang akan dikorbankan pertama kali adalah fuse atau sikring ini. Fuse atau sikring ini harganya cukup murah kok, satu buahnya berharga kurang dari sepuluh ribu rupiah.

 

3. Menjadi indikator pertama jika ada komponen kelistrikan yang tidak bekerja dengan semestinya. Jadi jika kalian sering memodifikasi kelistrikan misal mengubah lampu-lampu dan setelah mengubah lampu, sikring mengalami kerusakan (misal putus atau terbakar), maka sudah barang tentu pemasangan lampu yang baru dilakukan benar-benar membuat kelistrikan jadi bekerja dengan tidak normal.

 

Perlu digaris bawahi bahwa sikring tidak sepenuhnya membuat komponen listrik aman dari terbakar atau putus atau mengalami kerusakan. Hal tersebut karena jika ketidak normalan pada sistem kelistrikan sudah parah maka sikring pun biasanya sulit mendeteksi ketidak normalan itu.

 

Contohnya bagaimana? Contohnya saat kiprok motor rusak maka biasanya arus berlebih dengan mudah langsung menyerang aki hingga lampu utama.

 

Selain itu jika motor terendam banjir saat keadaan sistem listrik menyala, maka biasanya kerusakan komponen listrik langsung menuju komponen-komponen vital.

 

Jenis-Jenis Fuse

Pada sepeda motor, fuse atau sikring yang sering ditemukan biasanya adalah sikring dengan jenis tabung dan sikring dengan jenis pisau atau sikring pipih (blade).

 

Fuse ini biasanya jika mengalami kerusakan akan mengalami putus pada bagian kawatnya, dan jika sudah rusak maka fuse harus diganti dengan fuse baru yang spesifikasinya sama.

 

Misal fuse atau sekering 5 amper harus diganti lagi dengan sekering dengan jenis yang sama dengan daya 5 amper lagi.

 

Nah berikut kami sajikan gambar mengenai sikirng tabung dan sikring pisau.

 

Pengertian dan Fungsi Fuse Adalah ?
Sikring tabung. Sumber: tokopedia.com



Pengertian dan Fungsi Fuse Adalah ?
Sikring pisau yang putus. Sumber: intersport.id


 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript