-->

Arti Mapping Di MotoGp

Arti Mapping Di MotoGp
Sumber: bola.net

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti mapping di MotoGp.

 

Salah satu kejuaraan olahraga balap yang sangat terkenal adalah gelaran MotoGP, ya!!! Balapan motor prototype ini menjadi banyak dikenal karena selain menyajikan olahraga, kadang juga menyajikan “bumbu” berupa drama antar pembalap.

 

Selain itu, banyak kospirasi di balik beberapa kemenangan hingga tudingan-tudingan kotor lain yang kadang terjadi apabila terjadi suatu kejanggalan pada suatu gelaran serie balap di MotoGP.

 

Sebut saja, pada era Lorenzo di Yamaha yang kala itu bersaing ketat dengan Rossi yang sama-sama di tim pabrikan Yamaha (sekitar tahun 2015).

 

Saat itu, Marc Marquez dituding selalu menguntungkan Lorenzo atas dalih rekan senegara. Puncaknya adalah Vale yang terlibat clash dengan Marc saat balapan di Sepang tahun 2015 silam.

 

Selain itu, ada drama lain saat munculnya kode “Mapping 8” yang ditujukan pada Lorenzo oleh tim Ducati.

 

Saat itu tahun 2017 dan gelaran balap tengah dilangsungkan di Sepang Malaysia, saat itu pula Lorenzo dan A. Dovizioso menjadi rekan satu tim.

 

Mapping 8 sendiri diduga menjadi kode dari tim Ducati untuk membuat Lorenzo mau melakukan team order agar mau mengalah dan membiarkan Dovizioso menyalipnya guna mengamankan gelar juara bagi Dovizioso (saat itu Dovizioso tengah bersaing di papan atas klasmen kejuaraan MotoGp, namun sayangnya Dovi gagal menjadi juara dunia di tahun tersebut).

Lalu mapping pada MotoGp sendiri artinya apa? Yuk kita bahas, tapi yang pasti ini bukan kospirasi ya hehe.

 

Pengertian Mapping

Mapping bila kita terjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia artinya adalah pemetaan.

 

Apa yang dipetakan? Ya konfigurasi atau settingan mesin pada motor balap di MotoGp itu sendiri.

 

Teknis Mapping Di Motor MotoGp

Dilansir dari ridertua.com, kurang lebih mapping pada motor kelas utama MotoGp biasanya akan dibagi menjadi tiga pilihan yakni Mapping 1, Mapping 2, serta Mapping 3 atau dapat juga disebut sebagai Mapping A, Mapping B, dan Mapping C.

 

Adapun “definisi” mapping-mapping di atas adalah bahwa Mapping 1 atau Mapping A biasanya akan memberikan power mesin yang sangat besar, kemudian Mapping 2 atau Mapping B memberikan power mesin yang lebih kecil dari Mapping 1, dan yang terakhir Mapping 3 atau Mapping C akan memberikan power mesin yang lebih rendah dari Mapping 2.

 

Jika kita tabelkan, kurang lebih karakter dari Mapping di atas adalah sebagai berikut:

 

Tipe

Karakter

Mapping 1

Power mesin agresif tapi membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak (Agresif)

Mapping 2

Power mesin lebih rendah serta bahan bakar juga lebih hemat (Balance)

Mapping 3

Power mesin paling rendah namun bahan bakar sangat hemat (Defence)

 

Waktu Bagi Pembalap Untuk Mengatur Mapping

Mapping sendiri dapat dikonfigurasikan lewat tombol di stang motor. Jadi pembalap dapat mengubah settingan peta konfigurasi mesin saat tengah balapan.

 

Oh iya, mapping itu pada dasarnya memetakan ECU sehingga membuat kelistrikan dan pengapian dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan pilihan settingan motor.

 

Biasanya mapping ini akan diatur pembalap guna mendukung strategi balapannya. Misalkan begini, ada pembalap yang langsung gaspolll, nah biasanya pembalap dengan strategi “ngacir” akan menggunakan pilihan mapping 1 atau mapping A untuk kemudian di beberapa lap menjelang finish, settingan mappingnya akan diturunkan misal ke mapping 2 maupun mapping 3.

 

Lalu ada juga pembalap yang lebih kalem dan menyetel mappingnya di mapping 2 lalu di pertengahan balapan memasang mapping 1.

 

Perlu diingat bahwa terus menggunakan mapping 1 dapat menyebabkan bahan bakar cepat habis hingga membuat ban jadi lebih cepat aus.

 

Sebaliknya jika menggunakan mapping 2 atau mapping 3 sepanjang balapan, maka bahan bakar dan ban cenderung lebih awet namun power mesin jadi tidak maksimal.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x