-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

7 Penyebab Kopling RX King Selip, Cek Part-Part Berikut !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kopling RX-King selip.

 

RX King merupakan motor dengan jenis naked yang pernah diproduksi oleh pabrikan Yamaha, untuk sekarang sendiri Yamaha RX-King sudah tidak diproduksi dan dipasarkan lagi oleh pabrikan Yamaha. Namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang akan dilahirkan RX-King reborn atau yang dilahirkan kembali.

 

RX King sendiri masih menggunakan mesin dengan jenis dua tak yang ditandai dengan ciiri knalpot yang mengeluarkan asap putih tanda pembakaran yang kurang sempurna (tapi powernya nampol).

 

Selain itu, RX King juga sudah dibekali dengan mesin berjenis kopling basah yang dioperasikan secara manual melalui tuas pada stang kiri.

 

Nah meski RX King ini sudah tidak diproduksi dan dijual lagi oleh Yamaha, namun penggunannya masih cukup banyak. Terlebih komunitas dari Yamaha RX-king dapat dibilang cukup solid sehingga menjaga eksistensi dari motor RX-king itu sendiri.

 

Namun ada hal menarik yang menarik perhatian kami, hal tersebut adalah banyaknya pengguna RX-King yang mengalami masalah selip pada bagian koplingnya.

 

Wah apa saja penyebab kopling RX King selip???? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

1. Kampas Kopling Sudah Habis atau Bengkok

7 Penyebab Kopling RX King Selip, Cek Part-Part Berikut !!!
Ilustrasi kampas kopling


Yang pertama adalah kampas kopling yang sudah habis. Kampas kopling sendiri dapat bekerja hingga masa pakai 25.000 Km bahkan hingga 30.000 Km. Tetapi perlu diingat, penggunaan motor yang agresif akan membuat masa pakai kampas kopling jadi lebih pendek.

 

Ingat-ingat kembali kapan terakhir kali kita mengganti kampas kopling. Jika tidak ingat, langkah akhirnya adalah dengan membuka blok kopling dan perhatikan kampas koplingnya.

 

Jika bagian kampasnya sudah mulai habis atau bengkok, boleh jadi kampas kopling memang sudah waktunya diganti agar kinerja sistem kopling kembali normal.

 

2. Kampas Kopling Yang Tidak Berkualitas

7 Penyebab Kopling RX King Selip, Cek Part-Part Berikut !!!
Ilustrasi kampas kopling


Penyebab selanjutnya adalah karena kampas kopling yang tidak berkualitas. Jangan sembarangan dalam mengganti kampas kopling. Gunakanlah kampas kopling yang berkualitas.

 

Pastikan kampas kopling yang kita gunakan adalah kampas kopling original atau setidaknya pakai kampas kopling aftermarket (dengan merek lain selain original) yang berkualitas.

 

Kampas kopling KW atau palsu biasanya tidak memiliki kualitas yang cukup baik. Sehingga masa pakainya akan pendek, hal tersebut dapat terjadi karena kampasnya tipis atau mudah luntur ketika sering bergesekan dengan sistem kopling lain.

 

3. Pelat Gesek Sudah Aus

7 Penyebab Kopling RX King Selip, Cek Part-Part Berikut !!!
Ilustrasi

Pelat gesek atau pelat kopling merupakan komponen yang berdampingan dengan kampas kopling selama berada dalam rumah kopling.

 

Bedanya adalah jika kampas kopling ada “gripnya”, maka pelat gesek atau pelat kopling ini tidak memiliki grip dan cenderung gundul.

 

Pelat gesek sendiri mampu bertahan hingga masa pakai 50.000 Km, namun tak jarang di bawah masa pakai itu pelat gesek sudah sangat aus.

 

Pelat gesek yang masih dapat dipakai adalah pelat gesek yang masih rata, jika ternyata ada bagian permukaan pelat gesek yang mulai aus sedangkan pada sisi permukaan lain tidak aus (tidak rata dengan sangat kontras),

 

4. Lawan Kaki 4 atau Kaki 4 Aus

7 Penyebab Kopling RX King Selip, Cek Part-Part Berikut !!!
Ilustrasi


Lawan kaki 4 serta kaki 4 sering disebut juga sebagai rumah kopling. Hal tersebut karena benda yang satu ini seperti mangkuk yang jadi rumah bagi kampas kopling dan pelat gesek.

 

Sama seperti pelat gesek, lawan kaki 4 dan kaki 4 pun sering mengalami keausan yang tidak merata sehingga membuat kinerja kopling terganggu.

 

Cara mengatasi pelat gesek dan rumah kopling yang aus adalah dengan cara diganti atau dapat kita amplas apabila ketidak rataannya masih tidak terlalu kontras.

 

5. Per Kopling Lemah

7 Penyebab Kopling RX King Selip, Cek Part-Part Berikut !!!
Ilustrasi


Per kopling lemah ditandai dengan daya pegas pada tuas kopling yang kurang bertenaga. Meski jarang terjadi, namun jika tanda-tanda per kopling lemah sudah muncul, maka itu akan membuat sistem kopling terlambat dalam mengembalikan pelat gesek dan kampas kopling dalam posisi terhubung.

 

6. Oli Mesin Kurang Kental

7 Penyebab Kopling RX King Selip, Cek Part-Part Berikut !!!
Ilustrasi


Selanjutnya adalah bila oli mesin yang kita pakai kurang kental, maka itu berpotensi membuat sistem kopling jadi mudah aus.

 

Memang pada beberapa kondisi oli yang encer akan membuat kinerja hentakan jadi semakin oke, tetapi dalam jangka lama, oli yang kurang kental dapat dengan mudah membuat sistem kopling jadi lebih panas dan lebih cepat aus.

 

7. Oli Mesin Kurang Takaran

Yang terakhir adalah oli mesin yang kurang takarannya. Sama seperti oli mesin yang terlalu encer, oli mesin yang kurang takarannya juga dapat menyebabkan sistem kopling jadi lebih cepat aus.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript