17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Daftar Isi [Tampil]


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai merk kunci L yang bagus dan kuat.

 

Catatan: Secara bahasa, merk merupakan ejaan yang salah. Yang benar adalah merek yakni dalam Kamus Bahasa Indonesia artinya adalah cap yang dipasang pada kemasan produk sebagai pengenal; kegagahan, keunggulan; mutu; kualitas.

 

Bicara soal kunci L, tool khusus yang satu ini akhir-akhir ini banyak dicari. Pasalnya, banyak kendaraan bermotor terbaru tak terkecuali pada sepeda motor yang menggunakan baut khusus yang hanya dapat dibuka dan dikencangkan dengan menggunakan kunci L.

 

Nah sebelum kami bahas lebih jauh mengenai rekomendasi merk kunci L yang bagus, kami akan bahas terlebih dahulu mengenai kunci L itu sendiri (biar nambah wawasan sob).

 

Pengertian Kunci L

Kunci L yang biasa kita lihat dan biasa digunakan untuk membuka baut “khusus” ini memiliki nama lain yakni kunci allen atau allen key (kadang disebut juga sebagai kunci inbus).

 

Adapun kunci L ini digunakan untuk membuka baut dengan jenis Hex Socket Head Bolt serta Hexalobular Hole Bolt.

 

Hex socket head bolt merupakan baut dengan kepala berbentuk bundar yang memiliki lubang dengan bentuk segi enam atau hexagonal.

 

Sedangkan hexalabular hole bolt merupakan baut dengan kepala yang bundar dan memiliki lubang dengan bentuk bintang (kembang).

 

Jenis-Jenis Kunci L

Setidaknya ada dua jenis kunci L yang biasa beredar di pasaran. Dua jenis kunci L tersebut adalah hexagonal shape serta torx.

 

1. Kunci L Hexagonal Shape

Kunci L hexagonal shape merupakan kunci L yang biasa kita temukan yakni kunci L yang memiliki sisi hexagnal (segi enam) yang digunakan untuk membuka baut Hex Socket Head Bolt.

 

2. Kunci L Torx

Sedangkan kunci L torx merupakan kunci L bintang (kembang) yang mana kunci L bintang ini sering digunakan untuk membuka baut dengan jenis Hexalobular Hole Bolt.

 

Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Nah idealnya kunci L yang bagus adalah kunci L yang sudah memenuhi standar S2 Material yakni kunci L yang menggunakan bahan baku chrome vanadium dengan penghilangan unsur karbon agar tetap kuat namun memiliki sifat lentur atau elastis.

 

Catatan: Bagus tidaknya kunci L tetap bergantung pada bagaimana kita merawat kunci serta bagaimana kita menggunakan kunci.

 

Adapun beberapa merk kunci L yang bagus dan kuat yang kami rekomendasikan adalah sebagai berikut:

 

1. Bosch

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Pabrikan asal Jerman yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi kiprahnya dalam urusan tools kit. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1886 ini sudah melanglang buana dalam urusan tools kit termasuk untuk urusan kunci L atau allen key.

 

Bosch sendiri menjadi salah satu tools kit yang premium, tidak heran jika harganya cukup mahal. Adapun dari apa yang kami simak, biasanya tools dari Bosch ini tidak dijual secara satuan, satu set tool kits termasuk kunci L dari Bosch berharga mulai dari 300 ribuan.

 

2. Wera

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Wera yang mana perusahaan asal Jerman ini sudah berdiri sejak tahun 1936. Sama seperti Bosch, Wera juga termasuk salah satu perusahaan yang menyuplai tool kits dengan kualitas premium. Oleh karenanya jangan heran jika harga dari kunci-kunci buatan Wera berharga mahal. Adapun satu set kunci L (9 unit kunci L) dapat dibeli mulai dari harga 500 ribuan.

 

3. Krisbow

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Krisbow yang merupakan brand dari negara Indonesia (Krisbow sendiri artinya adalah Krisnandi Wibowo. Krisnadi merupakan anak dari Wong Jin, pendiri Grup Kawan Lama yang awalnya berdagang di kawasan Glodok, Jakarta). Nah set kunci L yang satu ini dapat kita beli mulai harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.

 

4. Jakemy

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Pada list ini, kami punya tools kit buatan Jakemy. Jakemy merupakan brand asal China. Namun meski begitu, tools dari Jakemy tidak dapat kita lewatkan begitu saja (terutama untuk kita yang memiliki keterbatasan budget untuk membeli tools dengan standar Eropa). Kunci L set dari Jakemy sendiri dapat dibeli mulai harga 50 ribuan, cukup murah bukan? (Kemungkinan kunci set ini cocok untuk keperluan perkakas rumah tangga dan bukan untuk otomotif).

 

5. Tekiro

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Salah satu tools kit yang paling kami rekomendasikan adalah tools kit dengan brand Tekiro. Brand lokal dengan lisensi standar Jepang ini dihargai mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu. Kami sendiri menggunakan beberapa tools kit dari Tekiro, dan hasilnya pun memuaskan.

 

6. Stanley

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Tools kit yang satu ini merupakan brand asal Amerika yang sudah cukup lama menjadi produsen alat perkakas termasuk kunci L. Stanley menyediakan kunci L dengan harga bervariasi (tergantung kelengkapan), kita dapat mendapatkan satu set kunci L dari Stanley mulai dari harga 70 ribuan.

 

7. Lippro

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Lippro yang mana brand yang satu ini cukup terkenal di Indonesia. Lippro sendiri perupakan perusahaan tools kit yang berfokus menjual di kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan lain sebagainya. Kunci L dari Lippro berharga mulai dari 70 ribuan persatu setnya.

 

8. Kenmaster

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Kenmaster. Tools kit yang satu ini kami rekomendasikan karena harganya yang murah. Tapi perlu diingat, dari apa yang kami ketahui, Kenmaster lebih cocok digunakan untuk keperluan rumah tangga yang membutuhkan torsi baut yang relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan torsi baut di alat-alat mesin otomotif, jadi bijak dalam memakainya ya. Satu set kunci L Kenmaster dapat dihargai mulai dari 30 ribuaan.

 

9. Facom

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Di urutan ini, kami rekomendasikan tools kit dari Facom. Brand asal Prancis ini memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun dalam bidang perkakas, dan tentunya Facom sudah memiliki kualitas tersendiri. Kunci Facom sendiri termasuk salah satu kunci premium, oleh karenannya tidak heran jika satu buah kunci L dari Facom bisa berharga ratusan ribu (mulai dari 300 ribu persatu buahnya, tetapi untuk tipe yang berbeda mungkin harganya akan jauh lebih murah).

 

10. Sata

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Di posisi ini, kami rekomendasikan kunci L dengan merk Sata. Sata merupakan salah satu merk yang ada di bawah naungan perusahaan Apex Tool Group. Ini merupakan salah satu tools yang premium, harga satu set dari kunci L Sata dihargai mulai dari 130 ribuan.

 

11. Santus

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Yang selanjutnya adalah Santus, brand kunci L yang satu ini banyak direkomendasikan karena harganya tidak terlalu mahal namun memiliki kualitas yang mumpuni. Satu set kunci L dari merk ini dihargai mulai dari 70 ribuan.

 

12. Hasston Prohex

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Hasston Prohex, merk banyak direkomendasikan karena harganya yang cukup murah namun kualitasnya mumpuni terlebih untuk keperluan perkakas kayu, satu set dari kunci L Hasston Prohex dihargai mulai dari 60 ribu.

 

13. Bestguard

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Bestguard yang mana memiliki standarisasi Amerika, satu set dari kunci L Bestguard memiliki harga mulai dari 70 ribuan. Cukup murah bukan?

 

14. Mollar

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Moller, satu set kunci L Mollar dihargai mulai dari puluhan ribu, memang murah tetapi kami sendiri memiliki atau menggunakan satu buah kunci L torx dari Mollar, dan hasilnya tidaklah mengecewakan.

 

15. Nankai

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Nankai merupakan salah satu merk kunci yang cukup terkenal di Indonesia, Nankai sendiri memiliki salah satu standari kunci yakni salah satunya adalah standar industri Jepang. Satu set kunci L dari Nankai dihargai mulai dari 50 ribuan.

 

16. Anata

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Selanjutnya ada Anata yang secara umum, kualitasnya memang tidak sebagus milik Tekiro atau beberapa kunci buatan Eropa. Namun untuk keperluan rumah tangga, kunci yang satu ini tidak boleh kita lewatkan. Anata sendiri mengeluarkan kunci L set dengan harga mulai 40 ribuan.

 

17. ATS

17 Merk Kunci L Yang Bagus dan Kuat

Terakhir dari list kami, ada brand ATS. ATS sendiri salah satu tools kit yang banyak direkomendasikan karena performa atau kualitasnya baik, selain itu harganya juga cukup murah. Satu set kunci L dari ATS dihargai mulai dari 45 ribuan.

 

Catatan lagi: List di atas kami urutkan secara random atau acak. Untuk kualitas sendiri, kami tidak menjamin bahwa semua tools di atas akan cocok untuk kebutuhan kalian (misal kebutuhan kalian untuk industri berat hingga otomotif, maka kami sarankan gunakan kunci L yang harganya cukup mahal karena standarisasinya cukup tinggi. Selain itu, panjang dari kunci L juga menentukan kekuatan dari kunci L. Semakin panjang kunci L, maka kemungkinan semakin kuat juga kunci L untuk membuka baut.).

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Sumber gambar: tokopedia.com

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)