Ukuran Roller Honda Genio Biar Kenceng

Daftar Isi [Tampil]


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran roller dari Honda Genio biar kenceng.

 

Honda Genio yang tengah kita bahas merupakan Honda Genio yang motor metik dan bukan mobil Genio dari Honda.

 

Ukuran Roller Honda Genio Biar Kenceng
Sumber: astra-honda.com


Genio yang kita bahas merupakan skutik besutan Astra Honda Motor (AHM) yang sanggup memuntahkan daya sebesar  6,6 kW pada putaran 7.500 rpm, serta sanggup mengeluarkan torsi terbaiknya di angka 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.

 

Genio menggunakan CVT sebagai media penyalur putaran dari mesin menuju roda belakang. dalam CVT sendiri terdapat dua komponen yang perannya cukup dominan yakni roller dan vbelt.

 

Roller dan vbelt ini fungsinya kurang lebih hampir sama dengan gear dan rantai pada motor non metik.

 

Teruntuk roller, biasanya roller disebutkan ukurannya atas satuan berat yakni gram. Berat dari roller standar Honda Genio sendiri adalah seberat 15 gram.

 

Nah jika kita hendak melakukan modifikasi pada area roller, maka gunakan prinsip di bawah ini:

 

Ganti roller dengan ukuran yang lebih ringan untuk mencari akselerasi (untuk keperluan tanjakan) dan ganti roller ke ukuran yang lebih berat untuk keperluan top speed.

 

Jadi ukuran roller Honda Genio biar kenceng adalah dengan menggunakan roller yang beratnya di atas 15 gram (contohnya menggunakan roller dengan berat 18 gram).

 

Lakukan perubahan secara menyeluruh dan jangan disilang untuk mengindari terjadinya keausan yang signifikan pada area CVT motor.

 

Dan sebagai informasi tambahan, roller sendiri bisa dipakai sampai 25.000 Km, namun pada tiap 10.000 Km sekali harus dilakukan pengencekan.

 

Perlu diingat jika kita melakukan ubahan pada roller dengan kepentingan tertentu misalnya biar lebih kenceng (mengejar top speed), maka akan ada yang dikorban yakni akselerasi (kurang bertenaga di tanjakan), begitu juga sebaliknya.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)