-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pengertian Busi atau Spark Plug Adalah ???


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian busi atau spark plug.

 

Untuk motor bensin seperti sepeda motor dan mobil dengan bahan bakar bensin (premium, pertalite, pertamax dan lain sebagainya kecuali solar), maka penggunaan busi sebagai pemantik percikan api di ruang bakar merupakan suatu keharusan.

 

Pengertian Busi atau Spark Plug Adalah ???



Busi pada sepeda motor atau mesin bensin menjadi faktor yang penting dalam terjadinya proses pembakaran atau peledakan campuran bahan bakar yang sudah dipadatkan oleh piston di ruang bakar (silinder).

 

Busi sendiri dinamai juga sebagai spark plug. Bedanya busi dan spark plug apa? Tidak ada bedanya selain dari siapa yang menyebutkan barang tersebut.

 

Busi merupakan bahasa yang sering digunakan oleh orang Indonesia, sedangkan spark plug merupakan nama lain dari busi, spark plug sendiri merupakan kata dari Bahasa Inggris dan menjadi bahasa internasional untuk komponen busi.

 

Jadi busi atau spark plug itu sama saja maksudnya yakni komponen pada mesin bensin yang bertugas memantik percikan api guna kepentingan pembakaran pada ruang bakar.

 

Busi sendiri bisa tahan hingga 10.000 Km, itu artinya jika busi sudah digunakan sejauh 10.000 km terhitung sejak mesin dihidupkan, maka biasanya busi akan mengurang kualitas percikan apinya.

 

Busi yang baik bagi sepeda motor adalah busi yang memercikan api berwarna biru dan bukan berwarna merah, selain itu dari busi kita dapat mengetahui bagaimana settingan campuran bahan bakar dari sepeda motor kita.

 

Diantaranya adalah jika bagian atas busi berwarna merah bata maka pembakarannya sempurna dan campuran bakar terbilang sempurna, sedangkan jika bagian atas dari busi berwarna hitam legam dan sedikit basah maka busi tidak bekerja dengan baik karena campuran bahan bakar dari karbu atau injeksi terlalu kaya (terlalu banyak bensinya).

 

Celah pada busi atau spark plug juga ada hitunganya, pabrikan motor biasanya memberikan celah busi sekitar 0.6 mm - 0.7 mm untuk motor metik dan motor bebek, sedangkan motor sport diberikan celah busi berjarak 0.8 mm - 0.9 mm.

 

Mungkin ada yang bertanya bagaimana cara mengukur celah pada kepala busi? Untuk mengukur celah pada busi caranya kita harus menggunakan tool atau alat khusus yang bernama feeler gauge.

 

Pengertian Busi atau Spark Plug Adalah ???
Sumber: tokopedia.com


Feeler gauge sendiri merupakan alat ukur yang terdiri dari beberapa lembar besi yang memiliki ukuran tersendiri.

 

Lembar besi dengan ukuran tertentu tersebut tinggal kita masukan atau selipkan saja pada celah busi.

 

Jika ternyata lembar besi dari Feeler gauge tersebut muat dan sreg pada celah busi maka celah pada busi tersebut ukurannya sama dengan ukuran di lembar besi Feeler gauge.

 

Sebaliknya jika ternyata lembar besi pada feeler gauge terlalu longgar atau tidak masuk, maka sudah dipastikan celah pada busi terlalu longgar atau terlalu sempit sehingga harus distel ulang kerenggangan pada kepala businya.

 

Feeler gauge sendiri dapat digunakan untuk mengukur celah-celah lain pada komponen otomotif semisal pada celah klep.

 

Terakhir dari kami, sekedar informasi saja bahwa busi tidak dapat sembarangan dipasangkan pada mesin sepeda motor.

 

Jadi mesin motor hanya bisa menggunakan busi dengan jenis dan spesifikasi yang sama dengan standar pabrik. Adapun untuk busi aftermarket yang sudah disetting untuk motor tertentu, itu adalah pengecualian.

 

Misalkan ada busi yang bentuknya sama namun spesifikasinya berbeda dengan busi bawaan motor kita, maka mungkin busi dapat digunakan namun performanya akan berbeda.

 

Kami sempat menggunakan busi yang memiliki bentuk yang sama namun dengan spesifikasi yang berbeda, alhasil motor dapat menyala namun setelah beberapa kilometer digunakan motor malah mogok dan benar-benar tidak mau menyala.

 

Tidak mau bukan mengalami hal yang sama seperti kami? Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript