-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Reset Tripmeter Vixion Lightning, Mudah dan Gampang!

Cara Reset Tripmeter Vixion Lightning, Mudah dan Gampang!
Sumber: id.wikipedia.org


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas cara reset tripmeter pada motor Vixion Lightning.

 

Vixion Lightning memiliki nama lengkap yakni Yamaha New Vixion Lightning atau yang lebih sering dikenal sebagai Yamaha NVL.

 

Motor naked berkubikasi 150 cc berpendingin cairan ini merupakan andalan dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam sektor penjualan motor sport entry level pada kelas 150 cc.

 

Namun untuk sekarang ini nampaknya laju motor dengan jenis naked berkubikasi 150 cc sedikit terhambat. Hal tersebut karena trend pasar sekarang yang lebih condong pada motor metik bongsor seperti Yamaha Nmax 155 maupun Honda PCX 150.

 

Bicara soal tripmeter, fitur yang satu ini hanya ada pada speedometer digital seperti yang digunakan oleh Yamaha Vixion Lightning (meski punya Yamaha Vixion Lighting belum sepenuhnye digital), Yamaha Byson, dan motor dengan speedometer digital lainnya.

 

Tripmeter ini fungsinya sama seperti oddometer yakni mencatatkan jarak tempuh yang sudah dilalui oleh motor.

 

Namun bedanya, tripmeter ini bisa direset atau diatur ulang atau dikalibrasi, sedangkan oddometer tidak bisa.

 

Untuk apa sih mereset atau melakukan kalibrasi pada tripmeter? Menurut kami sih ya untuk mengisi kegabutan *eh wkwk.

 

Begini, karena oddometer tidak dapat direset, maka kadang kita bingung, kita sudah menempuh jarak berapa kilometer sih selama kurun waktu tertentu?

 

Dengan adanya tripmeter, kita bisa lebih pasti menentukan berapa kilometer jarak yang sudah kita tempuh selama periode tertentu.

 

Jadi jika oddometer mencatat jarak tempuh motor secara keseluruhan, maka tripmeter dapat kita manfaatkan untuk mencatatkan jarak tempuh motor dalam satu periode tertentu.

 

Misal untuk ganti oli, kita perlu catatan pergantian tiap 3000 Km sekali, maka tinggal kita stel saja tripmeternya di angka 0 lalu jika kita ingin mengetahui total jarak tempuh yang kita lakukan dalam kurun waktu tertentu, tinggal kita cek saja tripmeternya apakah sudah mencapai 3000 Km atau belum.

 

Jadi jika oddometer mencatat jarak tempuh sebanyak 23.999 Km, maka tripmeter mungkin akan mencatat 3.989 Km. Bagaimana sudah terbayang dan sudah paham?

 

Langsung saja, untuk melakukan reset pada tripmeter New Vixion Lightning adalah dengan cara sebagai berikut:

 

Cara Reset Tripmeter Vixion Lightning, Mudah dan Gampang!
Gambar telah diedit. Sumber: bukalapak.com


1. Hidupkan motor (tidak perlu dinyalakan mesinnya).

2. Masukan speedometer pada mode trip dengan cara menekan tombol yang sudah ditandai pada gambar di atas.

3. Jika sudah masuk mode trip, tekan tombol pada speedometer selama beberapa detik (yang ditandai dengan warna merah pada gambar di atas).

4. Selesai.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript