-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Menghilangkan Cat Di Mesin Motor, Pilih Soda Api atau Paint Remover??



Satupiston.com  - Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan cat di blok mesin sepeda motor.


Blok mesin pada motor biasanya akan diberi warna baik itu hitam, gold,  atau silver oleh pabrikan motor. Cat yang digunakan pun bukan cat sembarangan.

Yang jelas cat pada blok mesin sepeda motor cukup tahan panas dan juga tidak mudah terkelupas.

Sebetulnya blok mesin sendiri cukup “indah” walaupun tidak dioprek atau tidak dimodifikasi warnanya.

Namun tak sedikit orang yang memodifikasi bagian blok mesin dengan cara membuatnya ke warna crome kilat hingga mengubahnya ke warna lain sesuka hati.

Masalahnya sekarang adalah  sebelum dicat ulang, maka blok mesin harus dibersihkan terlebih dahulu dari cat bawaah pabrikan motor.

Hal tersebut bertujuan guna membuat hasil pengecatan yang akan dilakukan lebih menempel dan tentunya lebih rapih tanpa “tronjal-trojol” bekas cat yang belum sempurna menghilang.

Nah dari apa yang kami ketahui, terdapat dua cara yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan cat di blok mesin motor.

Yang pertama adalah dengan soda api dan yang kedua adalah dengan paint remover. Kurang lebih keduanya sama-sama bikin gatal kulit kalau salah dalam pelaksanaannya (ini serius).

Oke mari kita bahas kedua cara di atas pada sub bab di bawah ini.

Cara Menghilangkan Cat Di Blok Mesin Motor Dengan Soda Api

Cara Menghilangkan Cat Di Mesin Motor, Pilih Soda Api atau Paint Remover??
Sumber: bukalapak.com

Cara ini pernah kami lakukan sendiri pada motor kami dan menurut kami cara ini sebenarnya cukup berbahaya jika kita memiliki kulit yang sensitif, hal tersebut karena soda api cukup reaktif pada kulit yang sensitif oleh sebab itu ikuti panduan kami di bawah ini:

1. Siapkan sarung tangan dan usahakan kita menggunakan pakaian yang panjang dan tertutup, jangan lupa gunakan pelindung mata atau kaca mata.

2. Siapkan soda api (beli di toko bangunan, satu bungkus soda api sempat kami beli dengan harga belasan ribu perbungkusnya).

3.  Siapkan air dan wadahnya, usahakan wadahnya tidak terbuat dari plastik karena dikhawatirkan membuat plastiknya melepuh.

4. Siapkan kafe atau skrap atau amplas kasar dan amplas halus serta kuas.

5. Siapkan kurang lebih dua liter air pada wadah dan masukan soda api (takaran soda apinya lupa euy berapa tapi usahakan secukupnya saja).

6. Tunggu hingga soda api bereaksi pada air. Setelah itu siapkan kuas dan oleskan pada blok mesin yang ingin dihilangkan warnanya.

7. Diamkan beberapa lama dan setelah dirasa cukup lama (jangan sampai kering juga), maka gunakan kafe atau skrap untuk memangkas cat pada blok mesin. Jika dirasa susah, maka gunakan amplas kasar untuk menghilangkan catnya.

8. Ingat gunakan pakaian yang tertutup, sarung tangan, dan kaca mata untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Lakukan langkah di atas secara berulang hingga dirasa cat sudah benar-benar hilang. Jika ternyata blok mesin jadi terlihat kasar, maka gunakan amplas halus untuk menghaluskan blok mesin.

10. Selesai.

Cara Menghilangkan Cat Di Blok Mesin Motor Dengan Paint Remover

Cara Menghilangkan Cat Di Mesin Motor, Pilih Soda Api atau Paint Remover??
Sumber: bukalapak.com

Langkah yang ini kami rasa tidak berbeda jauh dengan cara di atas, namun cara ini kami rasa akan sedikit lebih mudah. Oke kita langsung bahas saja.

1. Jangan lupa safrty first. Gunakan sarung tangan, pakai pakaian yang panjang serta kaca mata.

2. Semprotkan Pint Remover  ke bagian blok mesin yang hendak dihilangkan catnya (cari saja di tukang bangunan, nanti jika yang didapat adalah Paint Remover versi cairan tanpa kaleng semprot maka gunakan kuas untuk mengoleskan ke bagian blok mesin).

3. Tunggu beberapa saat hingga Paint Remover sedikit menyerap.

4. Setelah itu gunakan kafe atau skrap atau gunakan saja amplas kasar (amplas dengan nomor 100 – 200 kami rasa cocok).

5. Lakukan langkah di atas hingga blok mesin telah terbebas dari cat.

6. Gunakan amplas halus (nomor 600-800 kami rasa cocok) untuk menghaluskan permukaan blok mesin.

7. Selesai.

Nah jika konsep kalian adalah membuat blok mesin jadi berkilau seperti crome, maka bisa lakukan finishing dengan menggunakan batu hijau.

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript